Sukses

Parenting

5 Kewajiban Orangtua Terhadap Anak dalam Pandangan Islam

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua merupakan pekerjaan mulia. Mengasihi dan mencintai sang buah hati bahkan dimulai dari sebelum berjumpa, yaitu di dalam kandungan. Sehingga tidak heran anak wajib berbakti kepada kedua orangtua mereka, atas kasih sayang yang diberikan semenjak kecil.

Namun ternyata orangtua juga memiliki beberapa kewajiban terhadap anak menurut pandangan Islam. Mulai dari baru lahir sampai membesarkannya hingga dewasa, orangtua wajib melakukan kewajiban-kewajibannya. Lantas apa saja kewajiban orangtua terhadap anaknya jika dilihat dari pandangan Islam? Berikut penjelasannya dirangkum Fimela, Kamis (23/7/2020).

1. Memberi nama yang baik

Nama adalah doa untuk anak. Sehingga memberikan nama yang baik artinya mendokan anak mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Nama yang baik adalah cara pertama orangtua melakukan kewajibannya untuk masa depan sang buah hati. Jadi pastikan kamu memberikan si kecil nama yang baik, sebagai doa dan bentuk kasih sayang pada anak. Disarankan untuk memberikan nama yang memiliki arti dalam ajaran islam.

2. Memberikan ASI

Kewajiban orangtua khususnya ibu memberikan Air Susu Ibu (ASI) telah tertuang dalam Al-Qur'an. Anak disapih selama dua tahun lamanya. Inilah yang menjadikan perempuan khususnya para ibu mendapatkan kemuliaan dalam Islam. ASI juga merupakan sebuah keberkahan yang diberikan Allah SWT dengan begitu banyak manfaatnya untuk si kecil, sehingga wajib bagi orangtua untuk memberikannya pada anak.

3. Mengajarkan Salat dan Al-Qur'an

Hal pertama yang dihisab di akhirat adalah salat, sudah sepatutnya mengajarkan salat kepada anak menjadi kewajiban orangtua, agar si kecil selamat bukan hanya di dunia juga di akhirat. Selain salat, pandai membaca Al-Qur'an juga menjadi kewajiban orangtua untuk mengajarkannya kepada anak.

 

4. Memberi nafkah yang halal

Makan dan nafkah yang halal akan membuat anak tumbuh dengan baik. Anak akan terlindung dari dosa dan kehidupannya lebih dimudahkan oleh Allah. Untuk itu wajib kiranya orangtua mengusahakan untuk mencari rezeki yang halal dan memberikannya kepada anak.

 

5. Menikahkan dengan calon pasangan yang baik

Hingga melepas tanggungjawab saat anak menikah, orangtua memiliki kewajiban terakhirnya yaitu memastikan calon pasangannya adalah orang yang baik. Orangtua bisa menilai apakah calon pasangan sang anak mengetahui Islam dengan baik. Hal ini agar anak bisa melanjutkan hidup bersama pasangan dengan sakinah mawaddah wa rahmah, yaitu keluarga yang penuh kedamaian, saling menghormati, dan berkasih sayang.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading