4 Tips Mencegah Anak Menyalahgunakan Penggunaan Media Sosial

Gayuh Tri Pinjungwati30 Jul 2020, 13:15 WIB
Remaja bermain gadget

Fimela.com, Jakarta Secara umum, sebagian besar orang tua merasa bahwa itu adalah tugas mereka untuk memastikan anak remaja mereka berperilaku baik secara di dunia maya. Kuncinya adalah memeriksa perangkat digital tanpa mengganggu atau memata-matai. Idealnya orangtua akan menetapkan aturan tentang pemantauan sebelumnya sambil menjelaskan bahwa itu untuk keselamatan dan perlindungan mereka.

Ingatlah bahwa banyak anak menginginkan tingkat privasi yang sama untuk pesan teks mereka dan interaksi online lainnya seperti yang mereka lakukan untuk buku harian mereka, jadi yakinkan bahwa Mom tidak terlalu mengganggu. Para orangtua mungkin perlu untuk memeriksa perangkat mereka lebih sering untuk menghindari beberapa aplikasi yang mungkin dapat menggu anak, seperti beberapa cara berikut ini.

Tetap Tenang

Jika menemukan sesuautu yang mengganggu pada smartphone atau tablet pada anak, mulailah dengan mendekati anak dengan cara yang tidak menghakiminya. Tanyakan tentang hal yang membuat Mom merasa khawatir dan kemudian dengarkan jawaban mereka. Meskipun sulit bagi mereka untuk berbicara tentang situasi tersebut, terutama jika mereka melibatkan cyberbullying atau sexting.

Hindari Membuat Asumsi

Meskipun penting untuk melakukan percakapan terbuka dan langsung tentang apa yang Mom temukan. Orangtua juga tidak ingin membuat asumsi tentang motivasi anak remaja. Hindari membawa kesalahan masa lalu atau perilaku negatif lainnya. Tetap berpegang pada masalah yang ada dan berusaha untuk memahami tekanan dan masalah sosial yang terlibat dalam pilihan anak. Jika ada sesuatu yang tidak dimengerti oleh Mom, mintalah klarifikasi alih-alih mengasumsikan pikiran dan perasaan mereka.

Tetapkan Batasan

remaja menggunakan sosial media
Ilustrasi/copyrightshutterstock/B A N K E R D

Setelah memahami situasinya, mungkin masih tepat untuk menetapkan batasan pada akses anak ke smartphone, media sosial, aplikasi atau apa pun yang terlibat dalam mengambil keputusan mereka yang buruk. Sangat tepat untuk terus memantau aktivitas mereka.

Berikan Mereka Ruang

Ingatlah bahwa anak masih perlu bejalar cara menggunakan internet dan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab. Sangat membatasi akses ke media sosial, internet atau aplikasi lain untuk waktu yang lama berarti Mom tidak memberikan mereka ruang untuk belajar. Mungkin saja sesuatu yang tidak diinginkan akan terjadi. Entah mereka kemudian harus belajar sendiri tanpa bantuan atau pengawasan orangtua atau mereka menemukan cara untuk menyelipkan dan menggunakan media sosial tanpa sepengetahuan orangtua.

Apa pun itu, mereka akan dirugikan tanpa bantuan dan dukungan dari orangtua. Manfaatkan waktu Mom untuk tidak hanya memantau aktivitas mereka tetapi juga membimbing mereka tentang bagaimana menggunakan internet, media sosial dan lainnya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓