5 Hal yang Diperlukan Saat Anak Homeschooling

Anisha Saktian Putri05 Agu 2020, 14:30 WIB
Nggak Sulit Kok Maksimalkan Kegiatan Belajar Anak, 3 Website Ini Bisa Diandalkan

Fimela.com, Jakarta Sudah hampir lima bulan kegiatan homeschooling atau belajar mengajar dilakukan di rumah. Situasi ini dikarenakan untuk mencegah pandemi Covid-19 semakin meluas.

Saat belajar di rumah tentu anak pun perlu beradaptasi, begitu pun dengan orangtua. Oleh karenya, perlu kerjasama antara orangtua dan anak agar homeschooling di rumah menyenangkan.

Selain itu, orangtua pun bisa memfasilitasi apa yang diperlukan si kecil ketika belajar. Lalu apa yang harus disiapkan selama homeschooling? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Kesabaran orangtua

Hal pertama yang diperlukan adalah orangtua harus sabar dalam mengajar dan mendidik anak ketika belajar di rumah. Sikap dan perkataan orangtua sebaiknya tidak menandakan jika emosi. Ini akan membuat anak stres dan tidak ingn belajar.

2. Ruangan yang nyaman

Buatlah ruangan belajar yang nyaman bagi anak, mulai dari tidak berisik, penuhi semua kebutuhan belajar seperti leptop, smartphone, hingga jaringan internet yang memadai.

3. Makanan sehat

anak belajar di rumah
ilustrasi ibu dan anak/copyright By PR Image Factory from Shutterstock

Walau di rumah saja, biasakan anak untuk sarapan seperti ingin berangkat sekolah. Lalu berikan camilan yang sehat agar si kecil tetap semangat dalam belajar.

4. Sesuaikan jadwal

Jika anak merasa kesulitan atau justru orangtua yang mengalami kesulitan, maka usahakan untuk rehat sejenak, dan jika energi sudah mulai kembali, maka kamu bisa memulai belajar lagi dengan perlahan sambil mencari solusinya.

5. Gunakan checklist

Checklist fokus akan membantu anak untuk bisaa menyelesaikan proses belajar daring dengan baik. Dengan langkah ini, maka semua bisa terselesaikan dengan optimal. Dari jadwal yang dibuat, checlist jika sudah melakukannya.

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓