5 Tips Mengajarkan Anak Bersosialisasi di Masa Pandemi

Annissa Wulan11 Agu 2020, 16:00 WIB
Ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi saat ini membuat semua orang harus menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang ada, seperti cara anak bersosialisasi. Melalui pertemuan langsung, anak akan berlatih membaca isyarat sosial dan respon sosial yang konstruktif.

Lantas, bagaimana selama masa pandemi di mana semua orang masih diharuskan untuk melakukan social distancing? Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa tips mengajarkan anak bersosialisasi di masa pandemi.

1. Jadwalkan waktu bermain, bahkan jika itu dilakukan secara online

Hubungan akan meningkatkan kesehatan mental anak. Tidak mengapa untuk menjadwalkan waktu bermain, walaupun itu dilakukan secara online.

2. Bersikap sadar saat berbicara dengan anak

Ajukan pertanyaan terbuka kepada anak, biarkan percakapan tersebut mengalir ke berbagai topik dan kamu bisa memberi penekanan dengan bahasa tubuh. Gunakan waktu ini untuk melatih keterampilan anak, seperti kontak mata, mendengarkan, sopan santun, dan ketidaksetujuan dengan hormat.

 

3. Gunakan panggilan video dengan orang terkasih sebagai isyarat sosial

Ibu dan anak
Beberapa tips mengajarkan anak bersosialisasi di masa pandemi/copyright By ANURAK PONGPATIMET (Shutterstock)

Melakukan panggilan video bisa menjadi kesempatan yang baik untuk anak bekerja mengenali dan merespon emosi orang lain.

4. Membuat permainan di dalam keluarga

Aturan permainan di dalam keluarga adalah tidak boleh melanggar aturan yang dibuat, tidak ada alasan untuk mengkritik, bermain sampai akhir, dan memberi selamat pada yang menang. Ini akan mendorong sportifitas yang baik pada anak selama mereka berada di rumah.

5. Mendorong kerjasama tim

Carilah peluang agar anak mau bekerja sama dalam berbagai tugas dan proyek di dalam rumah. Ini akan mempraktikkan kolaborasi, kerjasama, dan sistem dukungan untuk orang lain.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓