4 Ide Permainan Anak saat Di Rumah, Mudah dan Praktis

Anisha Saktian Putri12 Agu 2020, 08:30 WIB
Memiliki Inisiatif Untuk Bermain dan Belajar

Fimela.com, Jakarta Bermain adalah dunia anak, bukan hanya menyenangkan melainkan dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Namun, pernahkah kalian sebagai orang tua melarang si kecil bermain?

Padahal, anak-anak butuh bermain, terutama seperti sekarang ini dengan Ketika kita disarankan untuk berada di rumah saja serta penerapan sekolah online. Selain harus fokus belajar dan mengerjakan tugas, anak-anak tidak lagi memiliki waktu bermain bersama teman-temannya di sekolah sehingga anggota keluarga di rumah menjadi “teman-teman” saat harus di rumah saja.

Ada baiknya, orang tua menciptakan suasana yang menyenangkan dan membahagiakan di rumah lewat bermain. Biarkanlah mereka bermain dan sesekali temani mereka bermain. Sebab, sesuatu hal yang baik dapat dimulai dengan bermain.

Kalau bingung untuk mencari ide dan inspirasi untuk bermain dengan anak, Paddle Pop sebagai brand es krim anak-anak, melalui campaign #PaddlePopMainYuk berbagi bermacam ide dan inspirasi bermain yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Lewat bentuk, warna dan kemasan, serta Singa Paddle Pop dan teman-temannya dapat menjadi sumber inspirasi mainan.

1. Membangun rumah-rumahan

Dengan Ibu menggunakan barang-barang yang ada di sekitar rumah. Ajak anak untuk menyusun barang-barang tersebut menjadi berbentuk rumah. Bermain seperti ini dapat meningkatkan kreativitas anak loh. 

2. Main online 

anak bermain
Ilustrasi/copyrightshutterstock/A3pfamily

Lagi susah ketemu secara fisik dengan teman-teman, ibu bisa mengajak anak untuk bertemu teman baru secara virtual. Karena anak-anak sekarang ini belum bisa bertemu secara fisik dengan teman baru yang sangat penting untuk mengasah ketrampilan sosial (social skills) mereka, coba adakan virtual play date untuk si kecil. Coba tanya teman ibu yang lain untuk dikenalkan dengan teman baru dan biarkan si kecil berkenalan dengan teman yang baru yang akan membantu meningkatkan social skills-nya.

3. Kreasi es krim di rumah

Kreasi es krim di rumah bareng anak bakal seru banget. Tidak hanya memperkuat bonding antara orang tua dan anak, tapi juga memberikan ruang kreativitas anak lewat cemilan es krim kesukaannya. Nah sekarang gantian, Ayah yang mengajak anak untuk berkreasi di dapur dan siapkan kejutan cemilan yang enak untuk Ibu. Anak pasti senang diajak membuat hidangan simple, praktis dan pastinya super duper yummy.

4. DIY

DIY Stik es krim
DIY Stik es krim
DIY Stik es krim
DIY Stik es krim

Inspirasi bermain bisa di dapat dari mana saja, termasuk barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai lagi di rumah. #MainYuk dengan membuat berbagai prakarya DIY (Do-It-Yourself) bareng anak. Untuk DIY ini tidak perlu menggunakan barang mahal, tapi cobalah berkreasi dengan barang bekas seperti bungkus dan stik es krim yang sudah tidak dipakai. Dua barang yang biasanya langsung dibuang ini dapat digunakan menjadi mainan loh.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓