Penyebab Tangan dan Kaki Bayi Dingin, Bahaya Tidak Ya?

Anisha Saktian Putri06 Agu 2020, 13:00 WIB
Ilustrasi bayi

Fimela.com, Jakarta Apakah ibu khawatir jika tangan dan kaki si bayi dingin, dan langsung menyelimutinya? Apakah kondisi ini normal?

Melansir dari Parents, sebenarnya tangan dan kaki anak bayi dingin adalah hal yang normal. Hal ini dikarenakan  sistem peredaran darahnya masih berkembang, darah lebih sering dialirkan ke organ dan sistem vital, tempat yang paling membutuhkannya.  

Tangan dan kakinya adalah bagian tubuh terakhir yang mendapatkan suplai darah yang baik. Maka, diperlukan waktu hingga tiga bulan agar peredaran darahnya beradaptasi sepenuhnya dengan kehidupan di luar rahim.

Sementara itu, jari tangan dan kaki mungilnya biasa terasa dingin dan terlihat pucat.  Saat bayi menjadi lebih bergerak dan aktif, sirkulasi darahnya akan meningkat. 

Tapi bagaimana jika kaki anak pucat keunguan?

karakter zodiak
ilustrasi anak bayi/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Saat kedinginan, kaki dan tangan lebih pucat keunguan.  Jika kaki mereka berubah, ada baiknya memeriksa untuk memastikan tidak ada yang melilit jari kaki atau pergelangan kaki mereka, seperti rambut, gelang, atau benang longgar.  Itu pasti akan memutus peredaran.

Dalam artikel Romper, Daniel Ganjian, M.D. menjelaskan bahwa kaki ungu bukanlah satu-satunya indikator masalah yang lebih besar.  

“Selama anak tidak biru atau dingin di tempat lain - seperti wajah, bibir, lidah, dada - maka kaki dingin sama sekali tidak berbahaya,” jelasnya.  

Jika bayi tampak biru atau kedinginan di tempat lain tersebut, itu bisa menjadi indikator fungsi jantung atau paru-paru, atau mungkin bayi tidak mendapatkan cukup oksigen.  Jadi, jika itu muncul, bawa mereka ke dokter.

 

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓