Inilah Perbedaan Anak Interover dengan Pemalu yang Perlu Orangtua Ketahui

Gayuh Tri Pinjungwati07 Agu 2020, 11:15 WIB
anak pemalu

Fimela.com, Jakarta Menjadi pemalu dan tertutup bukanlah hal yang sama, meskipun dua hal itu mungkin terlihat sama. Seorang introver cenderung menikmati waktu sendirian dan akan kehabisan energi secara emosional setelah menghabiskan banyak waktu dengan orang lain. Seseorang yang pemalu tidak selalu ingin sendirian tetapi takut untuk berinteraksi dengan orang lain.

Saat Berada di Ruang Kelas

Pertimbangkan dua anak di ruang kelas yang sama, satu anak introver dan satu pemalu. Guru sedang mengatur kegiatan untuk semua anak di kelas. Anak introver ingin tetap berada di mejanya dan sibuk membaca buku karena dia merasa ketika bersama dengan anak-anak lain merasa stres. Anak pemalu ingin bergabung dengan anak-anak yang lain tetapi dia tetap di mejanya karena dia takut untuk bergabung dengan mereka.     

Introver Tidap dapat Diterapi

Orang bisa mendapatkan terapi untuk rasa malu, tetapi tidak untuk introversi. Tidak semua anak introver itu pemalu. Bahkan, beberapa memiliki keterampilan sosial yang sangat baik. Namun, setelah terlibat dalam kegiatan sosial, seorang introver akan terkuras secara emosional dan perlu waktu sendirian untuk mengembalikan emosional mereka.

Sementara terapi dapat membantu orang yang pemalu, mencoba mengubah seorang introver menjadi ekstrover dapat menyebabkan stres dan masalah dengan kepercayaan diri. Introver dapat belajar strategi untuk membantu mereka menghadapi situasi sosial, tetapi mereka akan selalu menjadi introver.

Menghadapi Anak Introver

Ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali bahwa introversi bukanlah kelainan yang membutuhkan semacam perawatan. Dalam hal itu, anak introver tidak benar-benar membuthkan bantuan. Namun, untuk memastikan anak bahagia dan sehat ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Hal terbaik yang dapat dilakukan orangtua adalah memahami introversi dan menerima bahwa ini adalah sifat kepribadian yang normal. Terimalah bahwa anak mungkin susah melakukan sosialisasi dengan orang yang ada di sekitarnya seperti yang diharapkan. Berikan pengertian bahwa anak membutuhkan waktu sendirian dan hanya memiliki beberapa teman dekat. Membesarkan anak dengan kepribadian introver bisa menjadi sulit, terutama bagi orang tua yang ekstrover. Tetapi sama seperti anak lain, yang paling mereka butuhkan adalah cinta dan pengertian.

Pastikan Mom memahami antara anak introver dan pemalu. Kepribadian introver tidak dapat diubah yang berbeda dengan sikap pemalu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓