Tips Menjaga Gigi Anak Agar Sehat dan Tidak Mudah Berlubang

Gayuh Tri Pinjungwati11 Agu 2020, 11:15 WIB
menyikat gigi anak

Fimela.com, Jakarta Banyak orantua bertanya-tanya tentang cara mewarat gigi anak. Kapan sebaiknya mulai menyikat gigi anak, jenis pasta gigi apa yang baik, kapan sebaiknya untuk kontrol ke dokter itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan. Meskipun belum tentu menyikatnya, Mom harus mulai membersihkan gigi anak segera setelah ia tumbuh gigi pertamanya. Pertama-tama Mom bisa menggunakan waslap untuk membersihkan gigi bayi. Saat ia tumbuh lebih banyak gigi, para orangtua dapat menggunakan sikat gigi khusus anak yang lembut.

Pasta Gigi Berfluoride

Pasta gigi berfluorida tidak boleh digunakan sampai balita berusia sekitar 2 tahun. Kebanyakan pasta gigi anak-anak menggunakan fluoride seperti halnya pasta gigi dewasa. Beberapa mereka memiliki rasa buah-buahan dan dengan kemasan karakter kartun yang menarik bagi anak-anak. Namun, itu tidak aman bagi anak jika mereka sampai menelan atau menggunakan pasta gigi dalam jumlah besar.

Anak-anak berusia 2 tahun ke atas dapat menggunakan pasta gigi sedikit. Untuk anak usia lebih dari 3 tahun dapat menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong. Menggunakan jumlah kecil berarti sedikit risiko anak menelan fluoride. Dorong anak untuk memuntahkan pasta gigi saat setelah menggosok gigi. Alternated lain untuk anak-anak yang lebih kecil adalah menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride.

Sealant

Sikat gigi anak
Ilustrasi/copyroght shutterstock.com

Mom juga dapat berbicara dengan dokter gigi tentang penggunaan sealant pada anak usia sekolah. Sealant adalah bahan plastik yang diaplikasikan pada gigi. Setelah mengeras, ini memberikan perlindungan gigi terhadap plak dan zat berbahaya lainnya. Sealant dapat diaplikasikan pada gigi geraham untuk melindungi gigi dari lubang, yang mungkin sulit dibersihkan dan rentan terhadap gigi berlubang.

Flossing

Flossing adalah bagian penting dari kebersihan gigi yang baik. Mom bisa mulai membersihkan gigi anak setelah mereka makan. Anak-anak biasanya tidak dapat membersihkan menggunakan benang sendiri sampai mereka berusia 8-10 tahun.

Selain mengajarkan anak pentingnya meniykat dan membersihkan gigi secara teratur, menjadwalkan kontrol ke dokter dan mengajarkan pola makan yang sehat. Mom harus memberikan contoh yang baik dengan mempraktikkan kebersihan gigi yang baik.

Ceek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓