Inilah 4 Perkembangan pada Balita yang Perlu Orangtua Ketahui

Gayuh Tri Pinjungwati11 Agu 2020, 12:15 WIB
anak bermain

Fimela.com, Jakarta Selama masa balita, anak akan cepat berubah dan tumbuh, mempelajari keterampilan, dan mampu berinteraksi dengan dunia dengan cara yang baru dan berbeda. proses ini dikenal sebagai perkembangan dan mencakup berbagai bidang termasuk perkembangan kognitif, perkembangan fisik, keterampilan bahasa dan perkembangan sosial. Berikut ini adalah beberapa perkembangan pada balita yang perlu orangtua ketahui.

Perkembangan Kognitif

Ini mengacu pada kemampuan intelektual, seperti berpikir dan bernalar, serta memperoleh pengetahuan dan kemampuan untuk memproses informasi. Selama masa balita, para orangtua akan melihat perkembangan dan perubahan pada anak yang luar biasa.

Perkembangan Fisik

Perkembangan fisik pada anak meliputi pertumbuhan keterampilan motorik kasar dan motorik halusnya. Meskipun perubaha di area ini tidak akan cepat, tetapi orangtua akan melihat perubahan cepat pada anak usia 1-2 tahun. Perkembangan motorik kasar mengacu pada keterampilan yang membutuhkan penggunaan otot besar balita seperti kaki dan lengannya. Sedangkan untuk perkembangan motorik halus, mencakup keterampilan yang melibatkan penggunaan otot yang lebih kecil seperti jari dan tangan.

Keterampilan Bahasa

anak bermain
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Have a nice day Photo

Keterampilan bahasa adalah aspek penting lainnya dari perkembangan balita. Dari 12-36 bulan, balita biasanya beralih dari menggunakan beberapa kata untuk menghubungkan gambar dan objek dengan kata-kata menjadi kalimat lengkap dan mengkomunikasikan pikiran dan ide yang lebih kompleks.

Perkembangan Sosial

Perkembangan sosial melibatkan kemampuan balita untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial, seperti menunjukkan kebutuhan, meminta bantuan dan berinteraksi dan bermain dengan anak sebayanya, sambil melatih kemandirian dan rasa percaya diri.

Semua pertumbuhan dan perkembangan ini mungkin tampak seperti tantanan yang berat untuk anak sekecil itu, tetapi orangtua akan senang akan perubahan yang mereka lihat pada anak selama 2 tahun ke depan.

Meskipun ada tonggak perkembangan normal yang sering dicapai anak balita pada usia dan tahapan yang relatif sama, semua anak berbeda dan belajar serta berkembangan dengan kecepatan mereka sendiri.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓