6 Permainan Anak Zaman Sekarang yang Edukatif

Anisha Saktian Putri11 Agu 2020, 15:30 WIB
anak bermain

Fimela.com, Jakarta Dunia anak adalah dunia bermain, tak hanya menyenangkan aktivitas ini juga dapat mengasah motorik halus dan kasar si kecil. Maka dari itu, orang tua sebaik tidak melarang anak untuk bermain.

Ada banyak permainan yang bisa dimainkan anak. Bahkan berkembangnya zaman membuat mainan semakin menyangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak.

Melansir berbagai sumber, berikut permainan anak jaman sekarang yang bisa menjadi pilihan.

1. Balance bike

Balance bike/dok. London Taxi
Balance bike/dok. London Taxi

Tren balance bike atau sepeda tanpa pedal tengah diminati. Berbeda dengan sepeda anak kecil yang memiliki 3 atau 4 roda, balance bike adalah sepeda roda 2 tanpa pedal. Cara mengendarainya dengan mengandalkan gaya dorong dari kedua kaki si Kecil agar sepeda bisa bergerak.

Manfaat dari balance bike ilah melatih otot, melatih koordinasi hingga rasa percaya diri.

2. Lego

Lego/unsplash Xavi
Lego/unsplash Xavi

Bentuknya yang warna-warna membuat anak sangat senang bermain lego. Bermian lego sendiri dapat meningktakan kreativitas dan imajinasi anak lho. Seperti dapat mengenal warna, ukuran, bentuk dan hitungan.

3. Squsihy

Squsihy/dok. Tokopedia
Squsihy/dok. Tokopedia

Permainan squishy tengah booming di kalangan anak-anak lho. Bentuknya yang lucu sangat menarik perhatian. Ternyata permainan ini bermanfaat untuk dapat meningkatkan motorik halus si kecil.

4. Slime

Slime
Slime (Shutterstock.com)

Slime ini teksturnya lembut dan juga kenyal yang membuat anak lebih kreatif, menyalurkan emosi, mengenal tekstur, hingga menghilangkan jenuh.

5. Puzzle

Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak (Montenegro/Shutterstock)
Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak (Montenegro/Shutterstock)

Tidak hanya menyenangkan, ternyata puzzle mampu melatih memori, melatih kooridnasi mata dan tangan, kreativitas dan imajinasi. Hingga melatih keterampilan sosialnya dan mampu memecahkan masalah.

6. Mainan mobil-mobilan

Mainan mobil-mobilan/dok. ELC
Mainan mobil-mobilan/dok. ELC

Selain menyenangkan, permainan ini bisa digunakan anak untuk melatih imajinasinya, hingga meningkatkan motorik kasarnya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓