5 Permainan Anak yang Mendidik Bermanfaat Bagi Masa Depan

Anisha Saktian Putri12 Agu 2020, 12:30 WIB
anak bermain

Fimela.com, Jakarta Dunia anak adalah bermain, maka manfaatkan dengan mengenalkan beragam jenis permainan yang tidak hanya menyenangkan melainkan menjadi tempat belajar si kecil.

Permainan sendiri bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun mental si kecil. Namun perlu juga diingat untuk menyeimbangkan waktu antara bermain dan belajar.

Buatlah jadwal kapan anak harus bermain, dan ajari mereka untuk membereskan mainannya. Nah berikut beberapa permainan anak yang mendidik.

Ragam permainan anak

Lego/unsplash Xavi
Lego/unsplash Xavi

1. Lego

Bermian lego dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak lho. Seperti dapat mengenal warna, ukuran, bentuk dan hitungan. Ajak anak untuk membuat sesuatu dari lego, untuk meningkatkan kemampuan otaknya.

2. Puzzle

Ajak anak untuk bermain puzzle, agar mereka mampu melatih memori, melatih kooridnasi mata dan tangan, kreativitas dan imajinasi. Hingga melatih keterampilan sosialnya dan mampu memecahkan masalah.

3. Kreasi es krim di rumah

Kreasi es krim di rumah bersama anak jadi salah satu tindakan seru. Tidak hanya memperkuat bonding antara orangtua dan anak, tapi juga memberikan ruang kreativitas anak lewat cemilan es krim kesukaannya. Nah sekarang gantian, Ayah yang mengajak anak untuk berkreasi di dapur dan siapkan kejutan cemilan yang enak untuk Ibu.

 

 

Ragam permainan anak

Kreativitas Anak
Melatih Kreativitas Anak (Photo by Paige Cody on Unsplash)

4. DIY

Inspirasi bermain bisa di dapat dari mana saja, termasuk barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai lagi di rumah. Untuk DIY ini tidak perlu menggunakan barang mahal, tapi cobalah berkreasi dengan barang bekas seperti bungkus dan stik es krim yang sudah tidak dipakai. Dua barang yang biasanya langsung dibuang ini dapat digunakan menjadi mainan.

5. Bermain peran profesi

Biasanya anak sangat senang untuk main dokter-dokteran, masak-masakan, guru, hingga polisi. Permainan ini dapat membuat anak memiliki cita-cita apa yang diinginkan di masa depan. Dengan begitu, anak akan giat belajar untuk menggapai cita-citanya tersebut.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓