Tips Mengatasi Anak Balita Menolak Tidur Siang

Gayuh Tri Pinjungwati13 Agu 2020, 11:15 WIB
Anak tidur

Fimela.com, Jakarta Seperti semua transisi lainnya di masa balita, tidak ada batasan usia kapan anak perlu mulai berhenti tidur siang. Beberapa anak mungkin akan berhenti tidur siang tepat setelah tahun pertama mereka. Namun, anak-anak lain terus membutuhkan tidur siang hingga tahun-tahun awal sekolah. Jika Mom menemukan bahwa anak terus menunda waktu tidur atau anak mengalami kesulitan tidur malam, bisa jadi masalah tidur siang mereka. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak tidur siang.

Quiet Time

Balita yang lebih tua menjadi lebih sadar akan kemandiriannya dan ingin menonjolkan diri mereka. Membuat sikap tentang waktu tidur siang bisa menjadi cara si kecil untuk menunjukkan kemandiriannya. Cobalah untuk mengajak beristirahat untuk menikmati waktu tenang. Daripada menuntut mereka untuk tidur siang, cobalah sebut “waktu tenang” atau tentukan sebagai waktu khusus ketika anak bisa bersantai sendiri di kamar.

Memiliki Kegiatan Aktif di Pagi Hari

anak bermain
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MIA Studio

Menjaga balita tetap sibuk dan aktif di pagi hari dapat membantu memastikan bahwa mereka perlu tidur siang hari. Jika Mom merasa anak tidak ingin tidur di tengah hari, kuncinya mungkin memastikan mereka mengeluarkan energinya lebih awal pada hari itu. Cobalah untuk memberikan suatu kegiatan seperti bermain sepak bola atau lainnya. Gerakan fisik ekstra mungkin akan mendorong mereka untuk tidur di siang hari.

Tentu saja, jika semua hal di atas tampaknya tidak membuat perbedaan bagi si kecil dan khawatir anak kurang tidur konsultasikan dengan dokter anak. Ingatlah bahwa setia anak memiliki perbedaan, yang paling penting adalah mengenalkan anak untuk tidur siang. Cobalah untuk bersabar dan jangan lupa bahwa kebutuhan tidur si kecil terus berubah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓