4 Maanfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental Remaja

Gayuh Tri Pinjungwati13 Agu 2020, 12:15 WIB
mindfulness

Fimela.com, Jakarta Praktek mindfulness memungkinkan anak-anak dan remaja untuk mengatasi frustasi ketika mereka dihadapkan pada sesuatu yang sulit dalam hidup mereka. Ini juga dapat digunakan ketika mereka perlu memfokuskan perhatian mereka pada sesuatu yang spesifik dan tidak membiarkan gangguan menggagalkan mereka. Berikut ini adalah manfaat praktek mindfulness untuk anak remaja.

Manfaat Kognitif

Mengajari anak-anak mindfulness dapat memengaruhi keterampilan kognitif mereka, terutama fungsi otak. ini mampu membuat seseorang untuk memperhatikan, mengalihkan fokus, mengatur innformasi, mengingat detail dan terlibat dalam perencanaan. Ketika program mindfulness ini diterapkan anak akan menunjukkan perilaku mereka dan fokus pada tugas yang sedang mereka kerjakan.

Manfaat Emoisional

Kesehatan emosional atau perasaan yang positif, merupakan komponen penting dalam kehidupan setiap anak. Tidak hanya menjadi dasar kesehatan mental, tetapi juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan mental seperti kegelisahan, depresi, masalah kepercayaan diri, dan interaksi sosial yang lebih baik. Mindfulness tidak hanya mengelola stres tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan diri mereka.

Manfaat Sosial

pertemana pria setia kawan
ilustrasi persahabatan/Photo by Helena Lopes on Unsplash

Kesulitan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dapat menyebabkan masalah dalam pembelajaran, pemahaman, dan kondisi lingkungan sekolah. Tetapi program mindfulness telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan ini dan membawa hasil yang positif bagi anak. Kegiatan ini dapat membantu memelihara rasa saling menghormati dan peduli di antara siswa dan meningkatkan lingkungan sekolah yang lebih menyenangkan.

Manfaat Lain

Mindfulness juga telah terbukti meningkatkan kemampuan anak atau remaja untuk mengatur emosi serta merasakan kasih sayang dan empati. Ini juga secara luas dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk orang-orang dari segala usia yang menghadapi masalah mental lain seperti kecemasan. Mindfulness juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan konsep diri, meningkatkan keterampilan perencanaan dan mengendalikan diri.

Secara keseluruhan, mindfulness adalah tentang membuat anak-anak dan remaja merefleksikan pikiran dan tindakan mereka sendiri dan belajar bagaimana membuat pilihan yang lebih baik. Ini juga membuat anak merespon lingkungan dengan cara yang bijaksana.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by