6 Jenis Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

Annissa Wulan01 Okt 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 09:30 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Bergerak akan meningkatkan suasana hati baik sang ibu, maupun bayi di dalam kandungan.

Olahraga bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung, meningkatkan kekuatan, dan menurunkan risiko operasi sesar. Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga terbaik untuk ibu hamil, penasaran?

1. Berenang

Berenang masuk dalam kategori olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Berenang melatih persendian, yang sangat sensitif terhadap cedera selama masa kehamilan.

2. Latihan kekuatan

Angkat beban adalah latihan seluruh tubuh yang memberi banyak manfaat. Berat badan, terutama di bagian perut yang terus bertambah bisa menjadi salah satu alasan untuk menambah kekuatan yang baik selama masa kehamilan dengan olahraga yang melatih kekuatan.

 

3. Bersepeda

Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil/copyright shutterstock

Menggunakan sepeda statis untuk olahraga selama masa kehamilan sangat baik dilakukan karena sepeda menopang berat badan ibu hamil. Olahraga ini dapat membantu meringankan dampak pada persendian dan meredakan nyeri punggung.

4. Lari atau berjalan

Berjalan adalah satu cara mudah untuk bergerak. Lari juga bisa menjadi pilihan jika ibu hamil nyaman melakukannya.

5. Pilates

Kehamilan
Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pilates dapat membantu memperpanjang dan memperkuat otot yang akan dibutuhkan selama persalinan. Namun ingat untuk mengikuti kelas pilates yang telah memodifikasi gerakan di dalamnya khusus untuk ibu hamil.

6. Yoga

Yoga dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan. Studi juga menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kekuatan ibu hamil.

Seperti jenis olahraga lainnya, perhatikan modifikasi gerakannya yang memang ditujukan untuk ibu hamil. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓