4 Tips Membuat Hubungan Baik dengan Saudara Kandung

Gayuh Tri Pinjungwati29 Okt 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 29 Okt 2020, 15:15 WIB
saudara kandung

Fimela.com, Jakarta Orang tua dapat memainkan peran dalam membantu memelihara hubungan saudara yang baik dan mengurangi persaingan dan konflik saudara . Dengan mendorong aktivitas yang memupuk kerja tim, mengatur anak-anak untuk bersenang-senang bersama, dan memberi anak alat untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif dan penuh hormat, orang tua dapat membantu saudara kandung mengembangkan hubungan baik yang akan mereka bawa sepanjang sisa hidup mereka. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu orangtua untuk meningkatkan hubungan kakak adik atau saudara kandung.

Jangan Membandingkan Anak

Pertama dan terpenting, cobalah untuk tidak mengatakan hal-hal seperti, "Mengapa kamu tidak bisa mendengarkan sebaik kakakmu?”  Membandingkan anak-anak satu sama lain adalah cara yang pasti untuk menyulut api persaingan antar saudara dan membangun kebencian.

Cari Tahu Konflik yang Kadang Timbul

Apakah anak-anak cenderung bertengkar saat salah satu berusaha menarik perhatian orang lain? Apakah mereka bersaing untuk mendapatkan waktu dan perhatian Mom? Setelah Mom melihat pola yang mungkin menjelaskan perilaku ini, coba atasi masalah tersebut untuk meminimalkan pertengkaran mereka. Misalnya, Mom dapat mencoba menghabiskan waktu berdua saja dengan setiap anak atau mencoba membantu anak menemukan cara yang lebih baik dan tidak menimbulkan pertentangan untuk mendapatkan perhatian saudara kandung.

Membangun Keterampilan Mendengarkan

saudara kandung
llustrasi/copyrightshutterstock/Olesia Bilkei

Kemampuan untuk benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan seseorang adalah keterampilan penting bagi anak-anak untuk berkembang. Dan keterampilan yang membantu mereka belajar berempati dengan orang lain dan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Pastikan saudara kandung mendengarkan dan berusaha keras untuk memahami pendapat dan pemikiran masing-masing.

Ajarkan Pentingnya Mersepons

Mendengarkan adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat satu sama lain, dan rasa hormat itu penting untuk membangun hubungan yang baik, baik itu antara teman, pasangan, atau saudara kandung. Ingatkan anak-anak bahwa mereka harus memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan, dengan kebaikan dan perhatian pada perasaan mereka.

Rasa hormat dapat mencakup berbicara satu sama lain menggunakan nada suara yang bagus atau setidaknya bukan nada suara yang tidak menyenangkan. Bahkan saat tidak setuju, tidak merendahkan pendapat saudara kandung, dan memperhatikan ruang dan barang orang.

Nah, berikut tadi beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan Mom untuk membantu anak memiliki hubungan baik dengan saudara kandungnya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by