5 Makanan Wajib Konsumsi Tiap Hari agar Anak Tumbuh Cerdas dan Tinggi

Novi Nadya06 Nov 2020, 14:02 WIB
Diperbarui 06 Nov 2020, 14:02 WIB
mengasuh anak

 

Fimela.com, Jakarta Menurut studi, genetika menentukan 80 persen tinggi badan seseorang. Namun studi juga mengatakan faktor lingkungan seperti nutrisi dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi tinggi badan anak di tahun-tahun pertumbuhannya.

Meski kita tidak dapat mengubah gen, namun sebagai orangtua wajib memastikan untuk memberikan nutrisi tepat pada anak yang membantu pertumbuhan otak dan tinggi badan mereka. Sebab saat anak-anak mulai masuk sekolah, banyak orangtua lalai memberikan makanan ditambah anak yang mulai memilih makanan.

 

Berikut lima makanan anak yang secara umum dapat membantu anak tumbuh tinggi badannya termasuk merangsang produksi hormon pertumbuhan dan membantu pertumbuhan tulang melansir dari news18.com.

 

 

1. Telur

Anak makan dan tersedak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/kornnphoto

Protein adalah bahan penyusun pertumbuhan fisik anak, salah satu makanan yang kaya protein adalah telur. Daripada hanya memberi susu dan sereal atau roti dengan selai saat sarapan, buatlah telur dadar lezat sebagai isian roti panggang gandum yang memberinya karbohidrat kompleks.

 

 

2. Yogurt

Pastikan Anak Sudah Cukup Makan
Ilustrasi Anak Credit: pexels.com/Alexander

Selipkan yogurt dalam makan siang anak yang mengandung pro-biotik untuk menjaga usus tetap sehat yang menjadi awal mula kesehatan anak. Yogurt juga kaya Vitamin D dan kalsium yang penting untuk tulang kuat dan tinggi badan yang baik.

 

 

3. Susu

Anak Sehat
Ilustrasi anak makan/copyright shutterstock By ucchie79

Susu menjadi bagian makanan penting pada anak dan pastikan mereka mendapat setidaknya segelas susu setiap hari untuk memastikan asupan kalsium, vitamin D, dan protein yang dibutuhkan. Kita juga bisa menambahkan dengan almond atau kunyit untuk mendapat lebih banyak nutrisi dan antibiotik alami.

 

 

4. Kedelai

alergi
ilustrasi anak makan/copyright Rawpixel

Kedelai kaya protein nabati dan membantu pertumbuhan otot pada anak-anak. Jika anak tidak toleran terhadap laktosa dan tidak dapat mencerna susu, maka pilihlah susuk kedelai untuk menggantikan vitamin D, kalsium, dan protein dalam makanannya.

 

5. Buah-buahan

ilustrasi tips merayu anak untuk makan buah/pexels
ilustrasi tips merayu anak untuk makan buah/pexels

Buah segar penuh dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk sintesis protein dalam tubuh. Beri anak setidaknya 2-3 buah setiap hari untuk memenuhi suplai multivitamin alami, tetap kenyang, dan terhindar dari makanan olahan yang menghambat pertumbuhannya.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓