Selamat Hari Ayah Nasional, Ketahui Sejarahnya di Indonesia

Imelda Rahma12 Nov 2020, 09:50 WIB
Diperbarui 12 Nov 2020, 09:50 WIB
Ayah

Fimela.com, Jakarta Hari ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya di Indonesia. Tidak hanya hari ibu, sosok ayah juga memiliki hari perayaannya sendiri sebagai bentuk apresiasi terhadap perannya dalam keluarga. Sebagai kepala keluarga, ayah berperan sangat penting karena masa depan dan kebahagiaan keluarga menjadi tanggung jawabnya.

Meskipun sosok ayah sering dianggap sebagai sosok yang tegas dan kurang penyayang, namun sebenarnya ayah juga memiliki perasaan yang sama dengan ibu. Sebagai orangtua, tidak ada yang tidak menyayangi anaknya sendiri, hanya saja cara mengungkapkan kasih sayangnya bisa saja berbeda dengan ibu.

Ayah biasanya terlihat lebih tegas, kaku, dank eras saat merawat dan membesarkan anak karena ia ingin anaknya kelak menjadi sosok yang kuat dan tangguh. Tidak ada maksud kekerasan didalamnya, semua ia lakukan karena ia saying pada anaknya. Ayah juga biasanya memiliki naluri yang amat kuat dalam memproteksi anak.

Nah, berhubung hari ini adalah Hari Ayah Nasional, ada baiknya jika kamu tahu juga lebih banyak tentang sejarahnya. Fimela.com kali ini akan mengulas tentang sejarah peringatan Hari Ayah Nasional serta rekomendasi hadiah yang bisa diberikan untuk sosok ayah tercinta. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selenngkapnya berikut ini.

Sejarah Lahirnya Hari Ayah Nasional di Indonesia

Sejarah Lahirnya Hari Ayah Nasional di Indonesia
Ilustrasi Keluarga Credit: pexels.com/Anastasia

Hari Ayah Nasional di Indonesia berawal dari prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama, juga budaya tahun 2006 silam, deklarasi ini dilakukan pada 12 November di Pendapi Gede Balaikota Solo. Walau belum sepopuler perayaan Hari Ibu, namun dedikasi satu hari untuk berterima kasih pada ayah ini terus diperkenalkan.

Awalnya, Hari Ayah tercerus saat Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah, dengan mengadakan sayembara menulis surat untuk ibu. Dalam acara tersebut, sekitar 70 surat terbaik dibukukan dan dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, dan masyarakat umum.

Setelah acara berakhir, para peserta langsung terang-terangan mengajukan pertanyaan yang membuat panitia penyelenggara sayembara terkejut, "Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah? Kapan peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi,” tutur mereka kompak.

Pertanyaan tersebut menyentuh hati PPIP untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia, mengingat kehadiran ayah juga penting dalam keluarga. Sebagai kepala rumah tangga, pemberi nafkah, pelindung, dan sandaran tulang punggung dalam keluarga, posisi ayah sama krusial dengan seorang ibu.

Rekomendasi Hadiah di Hari Ayah Nasional

Rekomendasi Hadiah di Hari Ayah Nasional
Ilustrasi Ayah dan Anak Credit: pexels.com/Tatiana

Pada perayaan Hari Ayah Nasional, baik ibu dan anak bisa menyiapkan beragam hadiah untuk ayah. Hadiah tersebut merupakan bentuk apresiasi dan rasa cinta dari keluarga untuk sang ayah. Tidak ada orang yang tidak suka kejutan termasuk sang ayah.

Namun, karena biasanya hadiah lebih identik dengan perempuan dan ibu, mungkin kamu agak kesulitan dalam mencari ide hadiah yang cocok untuk ayah. Kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan ide hadiah yang bisa kamu persembahkan untuk ayah. Beberapa diantaranya ialah:

  • Masakan kesukaannya
  • Peralatan olahraga yang disukainya
  • Sebuah surat cinta untuk ayah
  • Benda hasil rajutan tangan

Sebenarnya masih ada banyak pilihan hadiah lainnya, namun 4 rekomendasi tadi nampaknya merupakan sesuatu yang special jika kamu berikan kepada ayah di Hari Ayah Nasional yang jatuh pada hari ini. Peringatan ini semoga selalu membuat kamu terus menghormati dan menyayangi ayah sepanjang hidup.

Lanjutkan Membaca ↓