5 Cara Praktis Mengajarkan Anak Menulis

Anisha Saktian Putri27 Nov 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 16:30 WIB
Anak belajar menulis

Fimela.com, Jakarta Selain membaca, mengajarkan anak menulis pun menjadi tugas orang tau. Walaupun ada guru di sekolah, namun sebaiknya orangtua tetap mengajarkan si kecil menulis sedini mungkin agar lebih mudah dalam mengikuti pelajaran.

Menulis juga dapat mengekspresikan diri si kecil. Lalu bagaimana cara mengajarkan menulis untuk anak? Berikut ulasannya melansir preschoolinspirations.com.

1. Mulai dari coretan

Anak tentu tidak bisa langsung bisa menulis, maka baiknya berikan sebuha kertas dan pensil warna untuk mereka membuat coretan apa yang diinginkan. Ini memungkinkan anak untuk memperkuat lengannya.

Anak-anak memulai proses ini dalam dua posisi yang sangat umum: menulis sambil berbaring di lantai atau menulis di permukaan vertikal. Kemudian biarkan anak-anak membuat coretan di seluruh kertas.

2. Ajarkan menulis angka

Gunakan trik menulis multi-indera, gunakan pensil warna gliter untuk menarik perhatian si kecil. Dan mulailah mengajarkan si kecil menulis angka.

3. Ajari menulis huruf

trace the dot/pinterest
trace the dot/pinterest

Carilah buku yang memiliki trace the dot atau mencetak font sejenis melalui sebuah gambar internet. Mintalah anak untuk menyambungkan atau menebalkan huruf atau kata-kata di buku tersebut.

5. Menebalkan huruf tipis

Orang tua bisa membuat kata-kata atau kalimat dengan tulisan yang tipis. Mintalah anak untuk mempertebal tulisan tersebut. Jika tidak mau sulit, sudah banyak buku yang menawarkan metode belajar menulis.

5. Ajari anak menulis di jurnal atau buku

Salah satu cara paling mengundang anak tertarik belajar menulis dengan menggunakan jurnal. Buatlah jurnal dengan kertas putih kosong. Jangan bergaris karena akan mengganggu si kecil menulis.

Kumpulkan lima halaman, lipat kertas seperti buku. Untuk anak-anak yang berada pada tahap pra-menulis, orangtua akan melihat mereka membuat garis dan bentuk lingkaran. Ini semua tanda kemajuan yang menakjubkan.

Dalam jurnal tersebut ajak anak untuk memikirkan apa yang akan ditulis. Orang tua dapat mengajari anak menulis dengan struktur kalimat yang benar dengan mengajak anak untuk membicarakan apa yang akan ditulis terlebih dahulu. Setelahnya, barulah mengajak anak untuk menulis apa yang telah diucapkan oleh anak.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓