Ketahui Porsi dan Nutrisi yang Baik untuk Si Kecil

Gayuh Tri Pinjungwati27 Nov 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 17:11 WIB
Anak makan

Fimela.com, Jakarta Sangat mudah untuk memperhatikan jumlah vitamin dan nutrisi yang berbeda yang didapat balita dalam makanannya setiap hari. Mom akan diyakinkan untuk mengetahui bahwa balita mungkin makan banyak, berdasarkan pedoman dari Departemen Pertanian AS dan rekomendasi ukuran porsi. Secara keseluruhan, balita harus mendapatkan antara 1.000 dan 1.400 kalori dari kategori makanan di bawah ini setiap hari.

Susu

Balita membutuhkan 2 cangkir susu setiap hari. Sampai anak berusia 2 tahun atau disarankan oleh penyedia layanan kesehatan, tetaplah dengan susu murni.

Daging dan Kacang-kacangan

Balita membutuhkan 2 ons daging dan kacang-kacangan setiap hari. Misalnya 1/3 kaleng tuna atau 2 sendok makan selai kacang yang cukup untuk sepanjang hari. Jika Mom merasa menawarkan terlalu banyak daging, tambahkan lebih banyak sayuran atau buah-buahan.

Sayuran

Memiliki Napsu Makan yang Tinggi
Ilustrasi Anak Makan Credit: pexels.com/pixabay

Balita membutuhkan 1 cangkir sayuran setiap hari. Selain itu, cobalah menawarkan berbagai macam sayuran selama seminggu. Memilih berdasarkan warna membuatnya mudah. Pikirkan sayuran oranye seperti wortel, labu, ubi jalar, dan satu hari, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau sawi, di hari berikutnya, sayuran dengan daging putih seperti mentimun, labu, kentang sehari setelah itu dan seterusnya.

Buah-buahan

Balita membutuhkan 1 cangkir buah setiap hari. Sebagian besar harus berasal dari buah-buahan segar dan bukan dari jus buah sehingga anak tidak kehilangan serat yang diperlukan. Cobalah untuk membatasi konsumsi jus hingga 4 ons sehari.

Lemak

Balita membutuhkan 3 sendok teh lemak dan minyak setiap hari. Sebagian besar akan berasal dari bahan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain seperti daging, selai kacang, susu, dan keju.

Memperhatikan nutrisi dan porsi makan anak memang diperlukan, bila berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan anak kedepannya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela