6 Tips Sederhana untuk Mengajarkan Keamanan saat di Pantai pada Anak

Gayuh Tri Pinjungwati04 Des 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 04 Des 2020, 14:46 WIB
anak berenang

Fimela.com, Jakarta Penting bagi orang tua untuk berhati-hati dan berbicara dengan anak-anak mereka tentang keamanan saat berada pantai dan laut.  Sayangnya, ada bahaya nyata di pantai yang harus diwaspadai dan tragedi dapat terjadi dalam sekejap jika Sahabat Fimela dan keluarga tidak siap. Faktanya, risiko tenggelam adalah penyebab utama kekhawatiran bagi orangtua, terutama bagi anak-anak kecil. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diajarkan kepada anak tentang bahaya dan keamanan saat mereka di pantai.

Berikan Pengertian Terlebih Dahulu

Banyak anak ingin segera main ke air begitu mereka sampai di pantai. Tapi, ada baiknya untuk membahasnya terlebih dahulu. Lihat di mana penjaga pantai ditempatkan dan lihat apakah ada peringatan air yang dipasang, serta perhatikan ombaknya. Laut bisa terlihat tenang meski ombaknya tinggi. Dapatkan gambaran tentang seberapa tinggi dan keras gelombang yang datang. Untuk anak-anak yang lebih kecil, Mom dapat membuat permainan untuk mencoba memprediksi ombak mana yang akan tinggi.

Ingatkan Anak-Anak Tentang Arus Laut

Meskipun orangtua seharusnya sudah berbicara dengan anak tentang arus laut, ada baiknya untuk menyegarkan ingatan mereka, terutama yang berkaitan dengan arus besar.

Tetapkan Batasan

Mom mungkin ingin menetapkan batasan untuk anak-anak dan meminta mereka untuk tetap berada di antara titik aman saat bermain di laut. Misalnya, memilih kursi penjaga pantai dan gedung tinggi sebagai dua titik penting. Jika mereka mencoba untuk tetap dalam dua poin itu, mereka akan selalu tahu di mana menemukan anggota keluarga yang lain.

Berenang Bersama

anak berenang
Ilustrasi/copyrightshutterstock/oekung

Berenang sendirian bukanlah ide yang bagus, untuk itu, ajak anak untuk berenang bersama seorang teman. Bergiliranlah dengan pasangan atau anggota keluarga lain sehingga Mom mendapat kesempatan untuk bersantai.

Ingat Peran Orangtua

Meskipun para orangtua tergoda untuk memejamkan mata dan tidur siang, jika memiliki anak yang bermain di laut, Mom ingin mengawasi mereka, bahkan jika mereka berusia belasan dan belasan tahun. Dan anak kecil harus selalu dalam jangkauan. Idealnya, orangtua akan berada di lautan bersama mereka saat mereka bermain ombak. Dalam beberapa situasi, duduk di tepi air mungkin tepat selama anak ada di dekat orangtuanya.

Kenakan Tabir Surya dan Air Minum

Apa yang dapat dimulai sebagai hari yang cerah dan cerah di pantai dapat dengan cepat berubah menjadi bencana jika Mom tidak mengambil langkah untuk melindungi tubuh anak-anak. Untuk melindungi kulit, pilih tabir surya atau pakaian yang menutupi kulit.

Nah, berikut tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diajarkan kepada anak tentang keamanan saat mereka berada di laut.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓