Mengenal dan Menghindari Junk Food Demi Kesehatan Anak yang Perlu Orangtua Ketahui

Gayuh Tri Pinjungwati10 Des 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 10 Des 2020, 16:15 WIB
anak makan

Fimela.com, Jakarta Secara umum diketahui bahwa anak-anak makan terlalu banyak junk food. Para ahli memperingatkan bahwa makan terlalu banyak junk food adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap obesitas masa kanak-kanak. Berikut ini yang perlu diketahui orangtua tentang bahaya junk food bagi anak-anak.

Apa itu Junk Food?

Orangtua biasanya dapat mengenali sebagian besar junk food, seperti permen, kue, donat, sereal sarapan manis, es krim, soda, dan minuman buah, tetapi mereka sering mengabaikan makanan cepat saji lain yang dimakan anak-anak setiap hari.

Selain makanan dan minuman dengan banyak tambahan gula, penting untuk diingat bahwa junk food dapat mencakup makanan tinggi garam atau makanan padat energi (berkalori tinggi) yang juga tidak memiliki nilai gizi seperti serat, vitamin, dan mineral, atau protein.

Dan ingatlah bahwa junk food dapat menjadi padat energi baik dari gula atau lemak sehingga selain donat dan permen, junk food dapat mencakup banyak makanan berlemak tinggi yang populer, termasuk makanan cepat saji dan camilan populer, seperti:

  • Burger daging dan burger keju
  • Sandwich fillet ayam
  • Kentang goreng
  • Milkshake
  • Nugget
  • Keripik kentang, dan makanan ringan lainnya

Makanan cepat saji dapat mencakup hampir semua makanan atau minuman tinggi lemak atau tinggi gula dan makanan tinggi garam.

Mengenali Junk Food

Makanan
Ilustrasi Anak Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/cottonbro

Akan sangat membantu untuk memiliki ukuran yang lebih obyektif tentang sesuatu mungkin salah satu junk food, yang dapat Mom temukan dengan melihat label makanan. Mom juga dapat memeriksa daftar bahan makanan untuk mengetahui berbagai bentuk junk food. Secara umum, jika salah satu dari dua bahan pertama adalah minyak atau sejenis gula, kemungkinan besar itu adalah junk food.

Menghindari Junk Food

Untuk membantu anak menghindari junk food, Mom harus mendorong mereka untuk makan camilan sehat. Mom tidak harus menghindari semua junk food setiap saat jika tidak ingin melakukannya. Ingatlah bahwa tunjangan kalori diskresioner kebanyakan orang sangat kecil, sekitar 130 kalori untuk anak usia 5 tahun dan 290 kalori untuk anak usia 10 tahun.

Nah, Mom meskipun junk food memang berbahaya, Mom tetap dapat memberikan anak junk food dengan memberikan kontrol kepada mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela