Sukses

Parenting

5 Manfaat Mengonsumsi Semangka untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Fimela.com, Jakarta Pada saat hamil, sangat penting mengonsumsi makanan yang bernutrisi, untuk menjaga kesehatan  ibu dan janin yang ada di dalam kandungan, serta membantu memenuhi nutrisi anak sejak di dalam kandungan.

Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah, yang menjadi sumber vitamin dan mineral untuk ibu dan janin. Salah satu contoh buah yang bisa dikonsumsi adalah semangka. Buah semangka ini memiliki kandungan yang kaya akan air dan tinggi serat.

Buah semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B, Kalsium dan potassium. Berikut manfaat mengonsumsi semangka untuk ibu hamil, agar ibu dan janin sehat, dilansir dari Liputan6.com:

Mencegah Asam Lambung

Pada masa kehamilan, ibu yang sedang hamil mudah terkena asam lambung dan masalah pencernaan, seperti sembelit. Manfaat pertama mengonsumsi buah semangka pada ibu hamil, yaitu bisa mencegah asam lambung.

Penyakit asam lambung ini, bisa membuat ibu yang sedang hamil mudah mengalami mual. Jika terlalu sering muntah, maka akan menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil.

Buah semangka diperkaya dengan mineral dan vitamin A, yang mencegah dehidrasi, menenangkan perut dan baik untuk menjaga organ penglihatan pada janin.

Buah semangka juga kaya akan serat. Kandungan ini bisa membantu melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil, agar tidak terkena penyakit sembelit atau susah buang air besar.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Mengonsumsi buah semangka bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, agar ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan tetap sehat, asupan nutrisi dan oksigen pada janin juga lancer.

Sirkulasi darah yang kurang lancer bisa menyumbat pembuluh darah dan otot, yang menyebabkan ibu hamil lebih mudah kram, dan terjadi pembengkakan pada area tangan dan kaki.

Buah semangka memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi, yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, mencegah dan mengurangi rasa nyeri pembengkakan, serta mencegah adanya peradangan pada organ tubuh.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pada ibu yang sedang hamil harus dijaga, agar ibu tidak mudah lemas, tidak mudah sakit dan terhindar tertular virus yang membahayakan ibu dan janin dalam kandungan.

Antioksidan yang terdapat di dalam buah semangka, berfungsi untuk membantu menguatkan sel imun di dalam tubuh, melawan radikal bebas, melawan kanker dan penyakit jantung.

Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi saat tekanan darah naik disertai dengan adanya protein di dalam urine. Kondisi ini sangat membahayakan untuk ibu dan janin, karena beresiko dan mengancam nyawa pada ibu dan janinnya.

Preeklamsia ini disebabkan karena adanya kelainan pada perkembangan dan fungsi plasenta, yang menjadi penyalur darah dan nutrisi pada janin. Hal ini bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan adanya reaksi pada perubahan hormon.

Antioksidan yang terkandung di dalam semangka ini, bisa membantu mencegah terjadinya preeklamsia, serta membantu melancarkan peredaran darah dan nutrisi pada janin dalam kandungan.

Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Manfaat mengonsumsi buah semangka yang terakhir, yaitu bisa membantu mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan, jika ibu rutin mengonsumsi semangka setiap harinya.

Buah semangka berperan penting dalam mendukung perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh pada janin di dalam kandungan.

Karena buah semangka ini diperkaya dengan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium dan magnesium.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading