Si Kecil Mulai Centil Pakai Makeup? Bimbing dengan 4 Hal Ini

Novi Nadya08 Jan 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 08 Jan 2021, 11:00 WIB
Makeup anak

Fimela.com, Jakarta Punya anak perempuan otomatis mempunya privilege untuk mendandaninya. Namun saat menginjak usia balita, si kecil justru mulai centil mendanani dirinya sendiri, mulai dari memilih pakaian sampai hobi makeup.

Merasa khawatir dengan perkembangannya, karena mencoba-coba makeup seperti orang dewasa atau mulai banyak bergaya? Jangan panik, berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapinya;

1. Proses Belajar Meniru 

Pada usia 5-8 tahun, anak-anak melakukan bentuk permainan peran dan sosok yang ditiru biasanya adalah yang paling dekat atau dikagumi. Seperti anak yang suka berdandan, artinya si kecil tumbuh cerdas dan memiliki role model sang ibu dan meniru apa yang sering dilakukannya.

"Para ibu hanya perlu mengawasi dan memberikan nasihat agar jangan berdandan terlalu berlebihan dan memastikan produk yang digunakan aman dan khusus anak-anak. Jadi, tak perlu khawatir, karena si kecil memang sedang menirukan sosok yang mereka anggap sebagai role model," ujar Pshycologist & Parenting Expert dalam acara Parenting Talk bersama Amara Kids Cosmetics belum lama ini.

Parenting Talk bersama Amara Kids Cosmetics
Parenting Talk bersama Amara Kids Cosmetics

2. Mendukung Moral dan Hobi Baru Si Kecil

Makeup anak
Anak hobi makeup (Foto: Amara Kids Cosmetics )

Seperti yang dibahas di atas, bentuk dukungan yang bisa diberikan para ibu untuk anak yang senang berdandan adalah memastikan produk kosmetik yang dipakai si kecil aman. Jangan biarkan mereka bereksperimen dengan makeup kita atau untuk dewasa karena jenis kulitnya masih sangat sensitif.

Salah satu opsi makeup khusus yang dibuat sesuai dengan kulit anak adalah Amara Kids Cosmetics. Rangkaian makeup juga lengkap dari pallet makeup berisi eyeshadow, blush on & compact powder, mini lipstick, serta spary cologne.

3. Luangkan waktu bermain dengan mereka

Tentunya mereka butuh pendampingan dalam hobinya berdandan, sebab itu, pastikan kita meluangkan waktu untuk bermain makeup dengan si kecil. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk melatih motorik si kecil, mengajarkan mix and match warna, serta mengenalkannya dengan masing-masing makeup kita beserta fungsinya.

 

4. Jangan lupa membersihkan wajah

 

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengingatkan si kecil pentingnya membersihkan wajah dari makeup. Meski terlihat sepele, namun kegiatan ini juga bisa melatih kembali motoriknya dengan gerakan pembersihan kapas yang memutar di wajah. 

Selain itu, kebiasaan ini juga bagus ditanamkan sedari dini agar ia melanjutkannya hingga dewasa nanti. Pastikan juga menggunakan pembersih wajah yang aman untuk anak atau bisa dibersihkan dengan air atau baby oil.

Simak video berikut ini

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓