Ikuti 'Cerita Arya di Kokpit' dan Belajar Membuat Miniatur Kendaraan

Wuri Anggarini24 Jan 2021, 15:21 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 15:21 WIB
Ikuti Cerita Arya di Kokpit dan Belajar Membuat Miniatur Kendaraan

Fimela.com, Jakarta "Ma, kenapa burung bisa terbang tapi manusia nggak bisa ya?"

Ada yang pernah mendengar pertanyaan seperti itu dari anak-anak di rumah? Di masa pertumbuhannya, anak-anak memang penuh rasa ingin tahu dan selalu semangat mengeksplorasi berbagai hal. Termasuk pertanyaan yang satu ini. Mungkin banyak juga dari mereka yang merasa penasaran tentang bagaimana pesawat bisa terbang.

Daripada Mama di rumah pusing sendiri menjawab pertanyaannya, mending langsung aja ajak anak nonton 'Cerita Arya di Kokpit' versi video program Belajar dari Rumah yang disajikan oleh Kemendikbud berikut ini!

Sama-sama Bisa Terbang, Apa Sih Bedanya Burung dan Pesawat?

Ikuti Cerita Arya di Kokpit dan Belajar Membuat Miniatur Kendaraan
(c)shutterstock

Di video pembelajaran program Belajar dari Rumah episode ke-5 untuk kelas 4 SD ini, Kak Kafi dan Angel saling berdiskusi tentang beda burung dan pesawat terbang nih. Sama-sama bisa terbang, bedanya apa ya?

Nah, Kak Kafi menjelaskan jika manusia juga bisa terbang walaupun tidak seperti burung, melainkan memanfaatkan pesawat terbang. Bedanya, burung memiliki kemampuan terbang alami tanpa menggunakan mesin. Umumnya hewan tersebut punya sayap yang lebih besar daripada bagian tubuhnya. Sayap ini cenderung ringan sehingga memudahkan burung untuk terbang.

Jika burung mengepakkan sayapnya agar bisa terangkat oleh angin dan terbang, berbeda dengan pesawat. Alat transportasi yang satu ini bekerja dengan menghasilkan angin dari mesin lalu angin mengalir ke bagian bawah badan pesawat agar bisa terbang walaupun besar dan berat.

Selain mempelajari perbedaan pesawat dengan burung, Kak Kafi dan Angel juga berbagi cerita tentang sejarah pesawat dari pertama kali ditemukan. Termasuk pesawat pertama yang pernah dibuat Indonesia, yaitu N250 Gatotkaca yang merupakan kontribusi dari mantan presiden RI B.J. Habibie.

Di segmen kedua, Kak Kafi dan Angel masih bercerita tentang alat transportasi. Keduanya membahas macam-macam jalan yang biasa dilalui transportasi darat, nggak selamanya lurus saja tapi ada juga tanjakan dan turunan. Angel kemudian belajar mengukur sudut yang ada pada area tanjakan atau turunan.

Di akhir video, Kak Kafi dan Angel memberikan proyek mingguan yang harus dilakukan teman-teman kelas 4 SD, yaitu belajar membuat miniatur kendaraan. Wah, sudah siap berkreativitas dong!

Cerita Arya di Kokpit yang Seru Banget

Ikuti Cerita Arya di Kokpit dan Belajar Membuat Miniatur Kendaraan
(c)shutterstock

Buat anak-anak di rumah yang duduk di bangku kelas 5 SD, materi Belajar dari Rumah episode 5 yang disajikan Kemendikbud ini seru banget. Soalnya Kak Kinan bercerita tentang sebuah dongeng berjudul Arya di Kokpit yang ditulis oleh Nandita Jayaraj. Dongeng ini mengisahkan tentang Arya, seorang anak perempuan yang sejak kecil selalu ingin terbang.

Arya selalu terinspirasi dari para sosok yang bisa ‘terbang’. Seperti Rosamma yang merupakan artis rekstok, Kalpana Chawla yang mencatat rekor sejarah sebagai astronot, hingga Amelia Earheart perempuan pertama yang melintasi Samudera Atlantik sendirian. Selanjutnya Arya mendengar pilot-pilot perempuan lainnya yang mendapatkan izin terbang hingga pilot perempuan yang mengemudikan pesawat tempur. Arya pun menabung demi bisa menempuh pendidikan di sekolah penerbangan hingga akhirnya ia berhasil mewujudkan cita-citanya duduk di ruang kokpit.

Pesawat terbang sendiri merupakan mode transportasi udara yang pasti sudah nggak asing lagi buat anak-anak. Sarana transportasi ini bisa digunakan untuk menempuh rute jauh, seperti Jakarta - Papua dan bisa sampai lebih cepat jika dibandingkan naik kereta api atau bus. Selama naik pesawat terbang, penumpang harus mematuhi aturan yang berlaku, termasuk ukuran barang yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat terbang. Tahukah kamu kalau berat koper di dalam kabin nggak boleh lebih dari 7kg?

Setelah bercerita tentang Arya di Kokpit dan pesawat terbang, Kak Kinan mengajak teman-teman di rumah main tebak-tebakan nih, koper itu berbentuk balok atau kubus ya? Kak Kinan pun membahas apa saja sih perbedaan dari balok dan kubus, berlatih menyusun bangun datar dan menemukan jaring-jaring yang benar. Hayo siapa di sini yang masih bingung membedakan balok dan kubus?

Seru banget kan materi video Belajar dari Rumah episode 5 untuk kelas 4 dan 5 SD yang disiarkan oleh Kemendikbud di TVRI? Masih banyak materi pelajar menyenangkan lainnya dari Kemendikbud yang akan tayang di TVRI. Pastikan Ibu di rumah stay tune terus Senin – Jumat di TVRI untuk mendampingi anak-anak belajar selama di rumah aja.

Lanjutkan Membaca ↓