Sukses

Parenting

Kian Mudah Pahami Polusi Udara, Ada 2 Bacaan Seru di Program Belajar dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Mumpung anak-anak lagi belajar di rumah, ini jadi momen yang tepat untuk memacu kebiasaan membaca. Sebagai jendela ilmu, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari buku, salah satunya soal polusi udara. Tak perlu repot mencari judul yang tepat untuk anak, karena Program Belajar dari Rumah punya 2 bacaan seru bertema lingkungan. Yuk, baca bersama-sama!

Gadis dan Bunga Matahari

Bersama Kak Maria dan Thierry, para siswa kelas 4 akan belajar soal kualitas udara yang baik. Penting bagi kesehatan, anak-anak diajak untuk menanam pohon di lingkungannya dan merawatnya dengan baik. Nah, Thierry punya ide untuk proyek akhir minggu dengan memerhatikan salah satu tanaman yang dimiliki, mulai dari bentuk dan warna daun, hingga tingginya.

Biar makin semangat memerangi polusi udara, kakak beradik ini punya buku bacaan seru yang akan memotivasi anak-anak untuk mencoba berkebun. Dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik, buku berjudul Gadis dan Bunga Matahari ini punya ending yang bahagia, lho!

Memasuki segmen kedua, anak-anak akan diajak belajar soal pesawat terbang. Merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia telah memberikan perhatian besar pada dunia kedirgantaraan. Dimulai sejak awal kemerdekaan, presiden pertama Indonesia Soekarno serius membentuk industri pesawat.

Tapi perkembangannya kian pesat saat B.J Habibie didapuk sebagai direktur PT Industri Pesawat Terbang Nusantara. Salah satu rancangannya, Pesawat R80 yang merupakan pesawat baling-baling untuk penerbangan jangka pendek, didesain khusus untuk mempersingkat waktu perjalanan sesuai kondisi geografis Indonesia. Di penghujung video interaktif ini, anak-anak diajak untuk membuat beberapa model pesawat dari lembaran kertas warna-warni. Cobain, ya!

Petualangan Menemui Matahari

Di episode 20, kali ini para siswa kelas 5 bersama Kak Agung bakal membaca buku seru berjudul Petualangan Menemui Matahari. Menyorot parahnya polusi udara hingga menghalangi sinar matahari, ternyata ada cara tertentu untuk mengukur standar polusi udara.

Pernah mendengar PM 2,5? PM sendiri merupakan istilah dalam Bahasa Inggris, Particulate Matter atau Polusi Partikulat. Berasal dari emisi asap kendaraan bermotor dan pabrik, zat mikroskopis berbentuk cairan yang mengambang di udara ini sangat berbahaya.

PM 2,5 yang berukuran 2,5 mikrometer ini dipakai sebagai standar polusi udara di kota-kota besar. Sambil menyimak materi ini, jangan lupa ajak anak-anak berdiskusi soal langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara, misalnya menanam pohon hingga rutin servis kendaraan agar tetap sesuai dengan standar emisi.

Belajar dari rumah di episode kali ini memang cukup lengkap. Bukan hanya mengenal standar pengukuran tingkat polusi udara, teman-teman di rumah juga diajak membedakan alat transportasi modern dan tradisional, memahami diagram garis, hingga menyelesaikan komik sebagai Proyek Kreatif Minggu Ini.

Banyak ilmu dan dilengkapi dengan penjelasan yang mudah dipahami, sayang kalau sampai melewatkan program Belajar dari Rumah. Dihadirkan oleh Kemendikbud, video interaktif ini akan setia menemani anak-anak belajar setiap Senin-Jumat di TVRI, mulai jam 10.00-10.30 WIB untuk kelas 4 dan 10.30-11.00 WIB untuk kelas 5.

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading