5 Hal yang Bisa Orangtua Lakukan untuk Menjaga Keamanan Anak di Ranah Online

Karla Farhana23 Feb 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 20:30 WIB
Sekolah Daring

Fimela.com, Jakarta Sejak pandemi Corona berlangsung, sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Karenanya, Internet menjadi salah satu bagian hidup yang penting, khususnya bagi para generasi muda. 

Kehidupan pun akhirnya mulai dijalani menggunakan Internet. Mulai dari berbelanja, meeting, berkomunikasi, dan melakukan proses pembelajaran secara virtual di masa pandemi ini. Momen Hari Internet Aman Dunia ini menjadi sebuah kesempatan untuk merefleksikan apa yang dapat kita upayakan dalam menciptakan ranah online yang lebih baik bagi generasi muda.

Namun, orangtua juga harus waspada dan menjaga anak-anaknya agar tetap aman selama berada di ranah online. Untuk itu, Facebook membuat Portal Orang Tua dan Panduan Orang Tua di Instagram sebagai sumber yang tepat untuk orangtua dan keluarga, dalam memberikan informasi mengenai cara kerja aplikasi, kiat berbicara dengan anak-anak, dan saran dari ahli. 

Namun, itu saja belum cukup. Orangtua juga harus melakujan 5 hal ini untuk menjaga keamanan Internet untuk anak dan generasi muda. 

1. Tetap Terlibat

Sekolah Daring
Survey Google menunjukkan, 51% orangtua merasa khawatir soal keamanan online anak saat menjalani sekolah daring. | pexels.com/@julia-m-cameron

uangkan waktu untuk menemani anak ketika mereka online. Tak perlu ikut nimbrung setiap waktu, cukup dengan duduk di samping anak yang sedang berselancar di Internet, atau bermain game online. Berbicaralah dengan mereka tentang dengan siapa mereka terhubung dan apa yang mereka bagikan. Katakan juga bahwa mereka dapat berbicara dengan Anda kapanpun ketika mereka melihat atau mengalami hal yang membuat mereka tidak nyaman di ranah online.

2. Pengaturan Privasi dan Keamanan

Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger memiliki pengaturan untuk memberikan orang kendali terhadap apa yang mereka bagikan, dengan siapa mereka membagikannya, apa yang mereka lihat, dan siapa yang bisa menghubungi mereka. 

3. Kesepakatan Keluarga

Buatlah kesepakatan dalam keluarga mengenai apa saja yang boleh diakses anak, berapa lama waktu berselancar di Internet, dan lainnya. 

4. Contoh yang Baik

Berikan contoh yang baik untuk anak. Dengan cara ikut menaati perarturan yang sudah disepakati. 

5. Berlajar Bersama

Teknologi senantiasa selalu berkembang, dan anak muda mempelajarinya dengan cepat. Jika anak mulai menggunakan aplikasi baru, minta mereka untuk menunjukan kepadamu bagaimana cara kerja aplikasi tersebut. Cara ini merupakan kesempatan untuk terhubung dengan anak, melihat apa yang mereka lakukan secara online, dan berdiskusi mengenai keamanan di ranah online. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓