Urutan Trimester dalam Kehamilan dan yang Harus Dipersiapkan

Kezia Prasetya Christvidya16 Feb 2021, 14:35 WIB
Diperbarui 16 Feb 2021, 14:35 WIB
hamil-kezo

Fimela.com, Jakarta Dalam kehamilan dikenal dengan istilah trimester, yang berhubungan dengan periode 3 bulan pada siklus kehamilan. Istilah trimester diambil dari bahasa latin trimestris, yang artinya 3 bulan.

Periode trimester ini dibagi menjadi awal kehamilan, pertengahan kehamilan dan akhir kehamilan, yang dihitung sesuai dengan usia janin di dalam rahim, sejak hari pertama ibu mengandung.

Selain menghitung usia kehamilan di setiap trimester, Mom juga harus banyak persiapan ditiap trimesternya. Berikut urutan trimester dalam kehamilan dan yang harus dipersiapkan, dilansir dari berbagai sumber:

 

 

Trimester Pertama dan Persiapannya

ilustrasi trimester/Jonathan Borba/pexels
ilustrasi trimester/Jonathan Borba/pexels

Pada trimester pertama yaitu minggu pertama hingga minggu ke 14, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon dan postur tubuh. Sehingga memerlukan adaptasi dengan kondisi di minggu awal.

Kamu akan mengalami morning sickness atau sering mual dan muntah, karena adanya peningkatan hormon esterogen dan progesteron. Bahkan di minggu awal ini, ibu hamil akan sering merasa lelah dan mengantuk.

Persiapan yang harus dilakukan saat trimester pertama adalah mencari dokter kandungan yang tepat, atur jadwal untuk kontrol dengan dokter, mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, belanja baju untuk ibu hamil dan sering berbicara dengan janin di kandungan.

Trimester Kedua dan Persiapannya

ilustrasi trimester hamil/Helena Lopes/pexels
ilustrasi trimester hamil/Helena Lopes/pexels

Trimester kedua terjadi di 14 sampai 26 minggu masa kehamilan. Saat trimester kedua, pinggul akan lebih membesar dan perut menjadi buncit, yang membuat ibu hamil sering mengalami sakit punggung.

Tetapi saat memasuki minggu ke 16 dan ke 18, ibu hamil dapat merasakan tendangan kecil di dalam perut, akibat janin mulai beraktivitas di dalam perut ibu.

 

Persiapan yang harus dilakukan di trimester kedua ini, Mom harus tidur dengan posisi miring, mengoleskan pelembap di perut untuk mengatasi gatal, dan menyempatkan waktu untuk mengikuti senam khusus untuk ibu hamil.

Trimester Ketiga dan Persiapannya

ilustrasi trimester hamil/Michaela Markovičová/pexels
ilustrasi trimester hamil/Michaela Markovičová/pexels

Trimester ketiga adalah periode terakhir masa kehamilan, yang terjadi mulai minggu ke 27 hingga melahirkan. Karena di trimester ketiga ini kondisi janin mulai tumbuh besar, maka ibu akan mengalami kesusahan dalam bernapas.

Bahkan pergelangan kaki, tangan dan wajah akan terlihat lebih membengkak, akibat penimbunan cairan dan sirkulasi darah yang kurang lancar di dalam tubuh.

 

Tentu saja Mom harus mempersiapkan proses kelahiran, dengan menjaga stamina tetap kuat, mengontrol tekanan darah agar stabil dan mulai mempersiapkan perlengkapan bayi.

Lanjutkan Membaca ↓