4 Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Sudah Puput

Anisha Saktian Putri26 Feb 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi tali pusar bayi

Fimela.com, Jakarta Tali pusar bayi umumnya akan lepas dalam waktu sepuluh hari hingga tiga minggu setelah si kecil lahir. Ketika sudah puput, perawatan pun harus dilakukan dengan benar.

Tujuannya auntuk mencegah iritasi hingga infeksi pada tali pusar bayi. Dalam merawatnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Melansir berbagai sumber berikut ini hal yang perlu diperhatikan.

1. Biarkan lepas dengan sendirinya

Jangan memaksakan untuk melepas tali pusat dengan menariknya, hal ini akan menyebakan infeksi hingga pendarahan. Jadi bersabar sampai tali pusar terlepas dengan sendirinya.

2. Cuci tangan

Sebelum membersihkan tali pusar, sebaik cuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari bayi dari kuman yang menyebabkan infeksi. Pastikan tangan benar-benar bersih.

3. Bersihkan tali pusar

merawat tali pusar bayi yang sudah terlepas
merawat tali pusar bayi yang sudah terlepascopyright shutterstock.com

Bersihkan area tali pusar dua kali sehari dalam sehari setelah bayi mandi. Gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan area pusar. Gunakan sabun khusus bayi yang tidak mengandung alkohol. Tali pusar setelah dibersihkan tidak perlu ditutup menggunakan apapun. Gunakan lap kering dan bersih untuk mengeringkannya.

4. Pemilihan pakaian

Setelah dibersihkan, gunakan pakaian dengan bahan yang lembut dan nyaman. Jangan memasukan pakaian ke dalam celana atau popok si kecil.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓