4 Alasan Mengapa Orangtua Harus Memerhatikan Cara Berbicaranya pada Anak

Baiq Nurul Nahdiat02 Mar 2021, 14:57 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 14:57 WIB
anak dan orangtua

Fimela.com, Jakarta Cara orangtua menyampaikan informasi kepada anak akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak terutama dalam hal interaksi. Anak-anak merekam apa yang terjadi di sekitarnya dan menjadikan itu sebagai acuannya dalam berperilaku. Jadi penting bagi orangtua untuk menghidari berkata kasar pada anak dan mengutamakan menyampaikan sesuatu dengan cara yang baik.

Ini adalah beberapa alasan mengapa orangtua harus memerhatikan cara ia berbicara pada anak. Yuk! Simak ulasan berikut ini.

Berbicara Kasar Tidak Efektif

Ketika orangtua berteriak atau berbicara agresif kepada anak, hal ini cenderung tidak akan mendapatkan hasil yang baik dan bahkan dapat merusak hubungan orangtua dengan anak. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa berteriak pada anak sama berbahayanya dengan menerapkan disiplin agresif.

Mungkin bagi anak yang mendengar kata kasar secara sekilas tidak akan terlalu berpengaruh, tetapi jika disampaikan terlalu sering maka hal itu akan membentuk sikapnya dan mengatur perilakunya sendiri. Bisa jadi saat orangtua berbicara kepada anak, ia akan lebih memilih untuk pergi.

Anak-anak Belajar dari Perilaku Orangtua

anak dan orangtua
Ilustrasi/copyright shutterstock/polkadot_photo

Cara paling pasti untuk membuat anak berbicara dengan baik kepada orangtuanya adalah dengan berbicara dengan baik kepadanya. Dan jika orangtua terus-menerus mengkritik dan berbicara kasar padanya, tidak akan mengherankan anak juga akan menirukan hal yang sama.

Terjalin Hubungan yang Kuat

Saat orangtua yang memperlakukan anak dengan rasa hormat dan kebaikan akan dapat memperkuat ikatan di antara mereka. mengucapkan "Terima kasih" dan "Tolong" ketika orangtua berbicara dengan anak, dan jelaskan bahwa orangtua mengharapkan mereka melakukan hal yang sama. Memperlakukan satu sama lain dengan sopan santun dan rasa hormat akan membuat hubungan orangtua dan anak semakin dekat.

Anak Akan Lebih Sopan

orangtua dan anak
Ilustrasi/copyright shutterstock/Chanyanuch Wannasinlapin

Ketika orangtua menggunakan nada suara yang bagus dengan anak di rumah, anak secara alami akan menerapkannya pada lingkungannya, di sekolah bahkan saat berbicara kepada eman sebayanya. Jika sudah tertanamkan sejak kecil maka anak akan mebiasakan hal ini hingga ia dewasa kelak. Bayangkanlah saat anak bisa menerapkan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain dengan rasa hormat, pasti akan menjadi kebanggan tersendiri bagi orangtua.

Demikianlah beberapa alasan mengapa orangtua harus memerhatikan cara mereka berkomunikasi dengan anak. Semoga bermanfaat. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓