15 Tanda Awal Kehamilan di Trimester Pertama

Kezia Prasetya Christvidya08 Mar 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 18:43 WIB
hamil-kezo

Fimela.com, Jakarta Trimester adalah sikus kehamilan yang terbagi menjadi 3 trimester. Trimester pertama adalah minggu pertama hingga minggu ke 14 usia kehamilan, yang dihitung dari hari terakhir mengeluarkan haid.

Biasanya di trimester pertama ini, perempuan akan mengalami kebingungan, dengan tanda-tanda kehamilan yang biasanya terjadi, seperti telat datang bulan dan morning sickness.

Tanda-tanda kehamilan ini harus segera disadari sejak trimester pertama, untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Berikut tanda awal kehamilan di trimester pertama, dilansir dari Liputan6.com:

Tanda Awal Kehamilan

ilustrasi tanda kehamilan/Laura Garcia/pexels
ilustrasi tanda kehamilan/Laura Garcia/pexels

Telat Haid

Tanda kehamilan pada trimester pertama, ibu akan mengalami telat haid selama beberapa minggu. Hitungan telat haid ini bisa dihitung dari terakhir kali melakukan hubungan badan dengan suami.

Payudara Terasa Sakit

Tanda kehamilan pada trimester pertama, juga akan merasakan payudara mengencang dan terasa sakit. Terutama pada bagian puting akan terasa sakit, nyeri dan lebih sensitif saat disentuh.

Mengalami Kram Perut

Tanda kehamilan yang selanjutnya yaitu mengalami kram perut, sama seperti saat sedang mengalami masa haid. Karena janin sedang bertumbuh dan berkembang di dalam perut.

Morning Sickness

Sering kali saat trimester pertama, ibu hamil mengalami morning sickness dengan gejala mual dan muntah, kemudian tubuh akan lemas, hilangnya nafsu makan dan mudah lelah.

Perut Berkedut

Saat mengalami tanda kehamilan, perut ibuakan terasa berkedut terus menerus, yang membuat bagian bawah perut terasa tidak nyaman.

Tanda Kehamilan yang Selanjutnya

ilustrasi tanda kehamilan/Negative Space/pexels
ilustrasi tanda kehamilan/Negative Space/pexels

Bentuk Perut Berubah

Tanda kehamilan yang terlihat adalah bentuk perut yang berubah. Perut akan terlihat menjadi lebih bengkak, lonjong dan terlihat lebih besar dari biasanya.

Sering Kembung

Selain ditandai dengan kram perut, tanda kehamilan di awal trimester pertama ini, ibu akan sering merasakan perut kembung dan sering buang air kecil.

Diare

Beberapa orang yang mengalami kehamilan ditrimester pertama, bisa mengalami diare tanpa gejala. Karena saat hamil, ada banyak bakteri di dalam usus.

Sembelit

Bahkan ada beberapa ibu hamil yang tidak mengalami diare, tetapi justru mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena sistem pencernaan ibu hamil terganggu.

Keputihan

Dimasa kehamilan trimester pertama, keputihan akan lebih banyak keluar daripada biasanya, walaupun keputihan adalah hal yang wajar bagi seorang perempuan. Namun pada perempuan dalam masa kehamilan, bisa mengalami keputihan yang lebih banyak daripada biasanya, bahkan bisa menyebabkan infeksi jamur.

Tanda Kehamilan yang Terakhir

ilustrasi tanda kehamilan/Garon Piceli/pexels
ilustrasi tanda kehamilan/Garon Piceli/pexels

Sesak Napas

Sesak napas bisa dijadikan sebagai tanda kehamilan di trimester pertama. Karena hormon progesterone meningkat dan mengaktifkan fungsi otak, sehingga paru-paru menghirup udara dan bernapas lebih banyak daripada biasanya. Sesak napas ini juga bisa dialami saat akan mengalami masa persalinan, karena janin yang membesar menghalangi paru-paru ibu untuk berkembang.

Perasaan Sensitif

Perasaan ibu akan lebih sensitif saat mengalami masa kehamilan di trimester pertama. Karena ibu mengalami perubahan hormon, yang membuat perasaan hati menjadi mudah berubah-ubah.

Suka Ngidam

Hal yang sangat wajar jika kehamilan ditandai dengan ngidam. Ngidam adalah menginginkan sesuatu yang ada di dikiran, untuk dimakan atau diminum yang biasanya tidak dikonsumsi.

Muncul Flek

Saat muncul pendarahan atau flek di awal kehamilan, lebih baik tidak perlu khawatir dan jangan panik terlebih dahulu, karena flek tersebut merupakan pendarahan implantasi, yang disebabkan karena darah haid masih ada di dalam rahim.

Susah Tidur

Tanda kehamilan yang terakhir, yaitu ibu mengalami kesusahan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur, karena muncul perasaan cemas dan takut, walaupun tubuhnya sedang lelah.

Lanjutkan Membaca ↓