Si Kecil Susah Diajak Sikat Gigi? Ada Cara Seru yang Bisa Bikin Buah Hati Bersemangat Melakukannya, Cari Tahu Yuk!

Iwan Tantomi18 Mar 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 18 Mar 2021, 15:00 WIB
Si Kecil Susah Diajak Sikat Gigi?

Fimela.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri, kesehatan gigi dan mulut sering kali diremehkan. Sikat gigi dua kali sehari dan membersihkan mulut secara rutin terkadang jadi tertunda di tengah padatnya aktivitas. Jangan sampai diremehkan, karena selain bisa menganggu kesehatan gigi dan mulut, seperti nyeri pada gigi, gusi atau mulut, hingga kemunculan karies baru, kebiasaan ini juga bisa ditiru oleh buah hati di rumah.

Apalagi sebuah penelitian menunjukkan jika kemungkinan anak di Indonesia tak menyikat gigi bisa meningkat 14 kali lipat saat orangtuanya juga melewatkan waktu menyikat gigi. Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini, di mana orangtua dan anak lebih banyak menghabispkan waktu bersama #DiRumahAja.

Padahal, Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk diperhatikan karena bakteri yang ada di rongga mulut dapat memasuki aliran darah sehingga dapat menyebabkan infeksi dan peradangan di bagian tubuh lain. Jika dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, dalam jangka panjang akan memicu penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia seperti stroke, jantung dan diabetes.

Untungnya, masih ada banyak cara seru yang bisa banget dicoba oleh para orangtua di rumah, agar buah hatinya lebih semangat sikat gigi dua kali sehari secara bersama-sama. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bikin Kebiasaan Sikat Gigi Bersama Saat Pagi dan Malam Lebih Menyenangkan

Bikin Kebiasaan Sikat Gigi Bersama Saat Pagi dan Malam Lebih Menyenangkan
Hidupkan keseruan agar anak-anak lebih semangat menyikat gigi.

Di awal-awal masa perkembangan dan pertumbuhannya, si kecil memang perlu belajar banyak hal, termasuk salah satunya belajar sikat gigi secara mandiri. Namun, tugas orangtua di sini tak cukup sekadar mengajarkannya cara menyikat gigi yang benar. Hidupkan keseruan agar anak-anak lebih semangat menyikat gigi.

Misalnya, sambil menggerakkan sikat gigi ke atas, ke bawah, ke samping belakang kanan dan kiri, hingga bagian lidah, putar musik favoritnya. Biar lebih seru, orangtua juga bisa mengajak anak kompetisi sikat gigi dua kali sehari, dengan menyiapkan reward seperti kalender dan stiker lucu. Anak dapat menempelkan stiker favoritnya pada kalender yang telah disiapkan. Jika bisa sikat gigi sebulan penuh tanpa putus, berikan penghargaan seperti uang saku tambahan.

Beri Ia Pengertian Apa Sih Pentingnya Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Beri Ia Pengertian Apa Sih Pentingnya Menyikat Gigi Dua Kali Sehari
Ceritakan secara menarik kepada anak, dengan bahasa yang mudah dipahami.

Sembari mengajak anak sikat gigi bersama, beri tahu juga buah hati pentingnya menyikat gigi dua kali sehari ini. Ceritakan secara menarik kepada anak, dengan bahasa yang mudah dipahami, jika rutin melakukan sikat gigi dua kali sehari pagi dan malam, bisa menghindarkannya dari kuman yang bersarang pada gigi. Jika tidak dibersihkan, kuman tersebut bisa bikin gigi jadi tak bersih, rusak, banyak plak yang menempel, hingga menyebabkan munculnya bakteri penyebab gigi berlubang.

Kenalkan Si Kecil pada Makanan yang Bisa Merusak Gigi

Kenalkan Si Kecil pada Makanan yang Bisa Merusak Gigi
Makanan tersebut mengandung kadar gula tinggi. Nah, sisa gula yang melekat pada gigi akan diubah oleh kuman-kuman menjadi asam.

Selain itu, edukasi juga anak-anak akan makanan-makanan yang bisa merusak gigi, seperti permen, cokelat dan camilan manis lainnya. Makanan tersebut mengandung kadar gula tinggi. Nah, sisa gula yang melekat pada gigi akan diubah oleh kuman-kuman menjadi asam. Permukaan gigi yang terkena asam akan mengalami pelarutan mineral, sehingga berpotensi menimbulkan karies gigi pada si kecil.

Biarkan Buah Hati Melakukannya Sendiri

Biarkan Buah Hati Melakukannya Sendiri
Tak perlu menegur apalagi marah dengan pasta gigi yang berantakan, bagaimanapun hal tersebut adalah bagian dari proses belajar si kecil.

Alih-alih disuruh, anak-anak sebenarnya lebih suka melakukan semua sendiri. Jadi saat sudah berada di dalam kamar mandi misalnya, biarkan dia memilih jenis sikat gigi, pasta gigi, sampai membuka tutup dan meletakkan pasta gigi pada tempatnya sendiri. Bukan hanya membuatnya lebih semangat, tetapi juga dapat merangsang kemampuan motorik, kepercayaan diri, serta bisa membuat kemandiriannya berkembang lebih baik. Tak perlu menegur apalagi marah dengan pasta gigi yang berantakan, bagaimanapun hal tersebut adalah bagian dari proses belajar si kecil.

Ajak Anak Seru-Seruan di Live Streaming Festival Senyum By Pepsodent

Ajak Anak Seru-Seruan di Live Streaming Festival Senyum By Pepsodent
Jangan sampai lupa ikutan acaranya, karena selain seru juga bakal ada 100 hampers gratis dan hadiah menarik lainnya

Selain dengan beragam cara tersebut, ajak anak seru-seruan di Festival Senyum by Pepsodent yang dilangsungkan pada 20 Maret 2021 jam 19.00 WIB. Sebab, bakal ada banyak sekali keseruan yang bisa didapatkan, terutama tentang menjaga kesehatan gigi langsung dari ahlinya, seperti drg. Andi. Acara ini pun makin seru dan tak membosankan karena juga menghadirkan Rizky Febian dan Tasya Kamila lho.

Sebagai informasi tambahan, acara tersebut menjadi bagian dari gerakan #SikatGigiYuk hasil kerjasama PDGI dan Pepsodent dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia. Gerakan ini diharapkan bisa menjadi langkah sederhana sekaligus seru buat menjaga kesehatan gigi, sekaligus menghindarkan diri, buah hati dan keluarga dari beragam masalah kesehatan gigi dan mulut. Jadi, jangan sampai lupa ikutan acaranya.

Jadi, jangan sampai lupa ikutan acaranya, karena selain seru juga bakal ada 100 hampers gratis dan hadiah menarik lainnya untuk para penonton beruntung di rumah. Cek informasi selengkapnya di sini.