Sukses

Parenting

Kenali Gejala dan Solusi Masalah Susah Buang Air Besar pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Orangtua selalu memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Mulai dari setiap tawa, cegukan, dan tangisan bayi untuk mencari petunjuk tentang kondisi tubuhnya. Namun, beberapa tanda bisa jadi sedikit lebih sulit untuk dideteksi. Buang air besar, misalnya, akan banyak berubah dari waktu ke waktu, perubahan-perubahan tersebut dapat memberikan tanda bahwa bayi mengalami konstipasi.

Bayi sering buang air besar dalam waktu lama. Sebagian besar waktu, adalah normal bagi bayi untuk pergi berhari-hari atau bahkan lebih dari seminggu tanpa buang air besar. Namun, bayi terkadang mengalami sembelit dan membutuhkan sedikit bantuan.

Jika bayi mengalami sembelit, dokter anak dapat merekomendasikan penggunaan pengobatan rumahan sebagai pengobatan lini pertama untuk sembelit bayi.

Tanda-tanda bayi susah buang air

Seorang bayi yang mengkonsumsi ASI secara eksklusif mungkin tidak akan buang air besar setiap hari. Seringkali, hampir semua nutrisi diserap. Ini sangat umum. Faktanya, bayi yang hanya minum ASI hampir tidak pernah mengalami sembelit.

Bayi yang diberi susu formula, di sisi lain, dapat buang air besar hingga tiga atau empat kali dalam sehari, atau buang air besar setiap beberapa hari.

Namun, pola buang air besar yang normal pada bayi yang sehat sangat bervariasi dan sangat dipengaruhi oleh jenis susu, apakah makanan padat telah dimasukkan, dan makanan spesifik apa yang sedang dikonsumsi.

Memahami kemungkinan tanda sembelit dapat membantu orangtua mendeteksi potensi masalah sebelum menjadi masalah besar.

 

Jarang buang air besar

Jumlah buang air besar yang dilakukan anak setiap hari akan berfluktuasi, terutama saat  mengenalkannya pada makanan baru. Jika anak tidak buang air besar selama lebih dari beberapa hari, dan kemudian buang air besar keras, mereka mungkin mengalami sembelit.

Sembelit tidak hanya ditentukan oleh frekuensi buang air besar, tetapi juga oleh konsistensinya (yaitu, mereka keras).

 

Buang air besar dalam waktu lama

Jika anak mengejan saat buang air besar, ini mungkin tanda sembelit. Bayi yang mengalami konstipasi sering kali mengeluarkan kotoran yang sangat keras seperti tanah liat. Feses yang keras bisa jadi sulit dikeluarkan, sehingga bisa mendorong atau mengejan lebih dari biasanya untuk mengeluarkan kotoran. Mereka mungkin juga rewel dan menangis saat buang air besar.

 

Ada bercak darah

Jika kamu melihat bercak darah merah cerah pada tinja anak, kemungkinan itu pertanda bahwa anak sedang berusaha keras untuk buang air besar. Mendorong dan mengejan atau mengeluarkan feses yang keras dapat menyebabkan robekan kecil di sekitar dinding anus, yang dapat menyebabkan darah di tinja.

 

Perut kencang

Perut kencang bisa menjadi tanda sembelit. Kembung dan tekanan akibat sembelit dapat membuat perut anak terasa kenyang atau kaku.

Perhatikan juga jika akan mulai menolak makan. Bayi yang sudah mulai makan mungkin cepat merasa kenyang jika mengalami konstipasi. Mereka mungkin juga menolak makan karena semakin merasa tidak nyaman.

 

Beberapa solusi untuk meredakan permasalahan bayi susah buang air besar

Ganti susu

Jika bayi masih Asi, ibu bisa mencoba mengatur pola makan. Bayi mungkin sensitif terhadap sesuatu yang ibu makan, dan dapat menyebabkan sembelit, meskipun hal ini jarang terjadi.

Bayi yang minum susu formula dapat memperoleh manfaat dari jenis susu formula yang berbeda, setidaknya sampai sembelitnya hilang. Kepekaan terhadap bahan tertentu bisa menyebabkan sembelit.

Gunakan makanan padat

Beberapa makanan padat bisa menyebabkan sembelit, tetapi yang lain juga bisa memperbaikinya. Jika ibu baru saja mulai memberi makan bayi dengan makanan padat, coba tambahkan beberapa makanan berserat tinggi, seperti brokoli, buah pir, plum, persik dan apel tanpa kulit.

Alih-alih sereal olahan atau nasi, tawarkan biji-bijian yang sudah dimasak, seperti barley, oat, atau quinoa. Roti gandum utuh, biskuit, dan sereal bekatul juga dapat membantu menghilangkan sembelit.

 

Pijat Bayi

Pijat perut dan perut bagian bawah yang lembut dapat merangsang usus untuk buang air besar. Lakukan beberapa pijatan sepanjang hari, sampai anak buang air besar.

Ada beberapa cara memijat perut bayi untuk meredakan sembelit. Menggunakan ujung jari untuk membuat gerakan melingkar pada perut dengan pola searah jarum jam. Berjalan dengan jari di sekitar angkatan laut dengan pola searah jarum jam. Pegang kedua lutut dan kaki bayi dan dorong perlahan ke arah perut. Mengelus dari tulang rusuk ke bawah melewati pusar dengan ujung jari.

Buatkan Jus Buah

Sedikit jus apel murni dapat membantu melunakkan feses. Setelah bayi mencapai usia 2–4 ​​bulan, mereka dapat mengonsumsi sedikit jus buah, seperti prune 100 persen atau jus apel. Jus ini dapat membantu mengatasi sembelit.

Para ahli mungkin merekomendasikan untuk memulai dengan sekitar 2–4 ons jus buah. Gula dalam jus sulit dicerna. Akibatnya, lebih banyak cairan masuk ke usus, yang membantu melembutkan dan memecah tinja. Namun, orangtua atau pengasuh sebaiknya tidak memberikan jus buah kepada bayi untuk pertama kalinya tanpa berkonsultasi dengan dokter anak.

Konsultasi dengan dokter 

Jika kamu bingung atau khawatir, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak. Dalam hampir semua kasus, sembelit anak akan sembuh dengan sendirinya atau dengan satu atau dua pengobatan alami.

Jika strategi tersebut tidak berhasil, meminta nasihat atau saran dari dokter akan membantu. Dokter  juga dapat membantu menemukan tanda dan gejala lain (seperti demam) yang bisa menjadi indikasi masalah yang lebih besar yang mungkin memerlukan perawatan medis.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading