5 Tips Rayakan Idul Fitri yang Menyenangkan Bersama Anak

Gayuh Tri Pinjungwati11 Mei 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 13:15 WIB
ibu dan anak hijab

Fimela.com, Jakarta Cara terpenting untuk membuat Idul Fitri berkesan bagi anak-anak adalah dengan menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga misalnya seperti mengingat Allah dan menghidupkan kembali Sunah Nabi.

Merayakan Idul Fitri juga merupakan salah satu cara untuk memelihara identitas Muslim anak sekaligus memperkuat ikatan keluarga. Tentunya, ada beberapa cara mengasyikkan untuk menghabiskan waktu bersama anak saat merayakan Idul Fitri bersama anak.

1. Melihat Bulan

Di malam terakhir Ramadan, ajak anak keluar untuk mencari bulan baru. Buatkan camilan sehat dan duduk bersama dengan si kecil. Selain melihat bulan baru, Mom juga bisa mengajak anak mengumandangkan takbir di halaman rumah.

2. Mengenakan Pakaian Lebaran

Mintalah anak-anak mengenakan pakaian terbaiknya pada saat Idul Fitri. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu mereka menyadari pentingnya hari itu, dan menciptakan perasaan gembira tentang perayaan yang akan datang.

3. Shalat Idul Fitri

Keluarga Bahagia
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Odua Images

Jadikanlah tradisi keluarga untuk menghadiri sholat Idul Fitri di masjid. Sebelum hari itu tiba, ada baiknya meluangkan waktu untuk mengajari anak-anak tentang shalat dan cara melaksanakannya. Karena merayakan di tengah pandemi, ada baiknya untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah bersama keluarga.

4. Makan Bersama

Banyak dari kita sudah menyiapkan makanan khas di hari lebaran, namun tahun ini kenapa tidak membuat sesuatu yang khusus untuk anak-anak dalam keluarga? Mom bisa membuatkan menu istimewa untuk buah hati dan disantap bersama dengan anggota keluarga lainnya.

5. Pertunjukan Anak

Mintalah anak-anak untuk membuat pertunjukan untuk keluarga pada hari Idul Fitri. Mintalah anak-anak mulai mempersiapkan beberapa hari sebelumnya sehingga benar-benar terasa seperti pertunjukan yang istimewa. Mereka bisa menyanyi, membaca Quran, atau memainkan drama.

Dengan merayakan Idul Fitri kita menghidupkan kembali sunnah, memperkuat ikatan dalam keluarga dan komunitas, serta membangun kepercayaan pada anak-anak dan identitas Muslim mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓