Sebenarnya Mulai Kapan Makanan Pendamping ASI Harus Diberikan?

Endah Wijayanti13 Jun 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 11:15 WIB
mpasi aman

Fimela.com, Jakarta Memastikan si kecil mendapat gizi dan nutrisi yang cukup dalam tumbuh kembangnya sangatlah penting. Pemberian ASI eksklusif sangat ditekankan untuk memastikan tumbuh kembang bayi optimal. Selain itu, Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) juga perlu diberikan saat ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Tapi sudah tahukah kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI? Mengutip buku 78 Resep MPASI, World Health Organization (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian MPASI saat bayi berusia 6  bulan. MPASI harus diberikan saat ASI saja sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. 

Pemberian MPASI

bubur uduk udang
Ilustrasi resep mpasi./Copyright shutterstock.com/id/g/heikerau

Kapankah periode saat MPASI saja sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi? Umumnya ini terjadi saat bayi berusia antara 4-6 bulan. Pada rentang usia tersebut, otot dan saraf bayi sudah mulai dapat digunakan untuk makan. 

Ketika bayi mencapai usia 4-6 bulan, sistem saluran cernanya juga sudah cukup matang untuk menerima berbagai macam makanan. Selain itu, selama periode MPASI, seorang bayi secara perlahan juga dilatih agar kelak dapat mengonsumsi makanan keluarga. 

Saat bayi berusia 6-23 bulan, ada masa transisi antara ASI eksklusif sampai makanan keluarga. Rentang masa transisi itu merupakan masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi. Jadi, memastikan kita memberikan MPASI yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang buah hati tercinta.

MPASI sangatlah penting dan benar-benar dibutuhkan oleh bayi. MPASI punya peran penting untuk mengisi kesenjangan antara jumlah nutrisi yang dapat dipenuhi oleh ASI dan kebutuhan nutrisi anak. 

Ada baiknya juga untuk berkonsultasi ke dokter anak untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi anak yang tepat. Semoga info ini bermanfaat untuk para ibu dan orangtua sekalian yang ingin memastikan tumbuh kembang buah hati berjalan dengan lebih optimal.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓