5 Cara Menurunkan Panas pada Anak Ketika Demam Secara Aman

Imelda Rahma16 Jun 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 14:45 WIB
Anak Demam

Seringkali ketika anak terserang demam membuat orangtua bingung, panik dan stres. Kesehatan anak adalah hal terpenting bagi para orangtua. Demam sendiri adalah kondisi di mana tubuh mengalami suhu hingga 37 derajat celsius atau lebih. Hal ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh.

Tidak hanya itu, penyebab dari demam pada anak terjadi juga bisa diakibatkan oleh gigitan serangga atau alergi yang dimiliki terhadap sesuatu. Umumnya demam pada anak bisa terjadi karena dia terlalu lelah karena seharian aktif bermain.

Hal ini menjadi tugas bagi orangtua untuk selalu menjaga anaknya dari demam karena anak masih memiliki tubuh yang sangat ringkih dan lemah.

Salah satu cara menjaganya adalah cukup tahu cara pengobatan yang bagaimana untuk menyembuhkan anak ketika demam. Untuk menurunkan demam yang dialami anak sebenarnya dapat menggunakan cara alami, tanpa menggunakan obat-obatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Fimela.com telah merangkum dari beberapa sumber tentang cara menurunkan panas anak ketika demam secara aman. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengkompres dengan Air Hangat

Mengkompres dengan Air Hangat
Ilustrasi Anak Demam Credit: pexels.com/Ronald

Cara menurunkan panas pada anak dengan cepat yang pertama dengan menggunakan kompres air hangat. Ini merupakan cara yang kerap dilakukan oleh orang tua yang sudah dilakukan dari zaman dahulu.

Namun, cara menurunkan panas pada anak ini hanya sementara. Bahkan tidak sama sekali dapat menurunkan panas pada anak.

Menggunakan Pakaian Tebal

Menggunakan Pakaian Tebal
Ilustrasi Anak Demam Credit: pexels.com/Sierra

Cara menurunkan panas pada anak selanjutnya, bisa membantu mengeluarkannya dengan memakaikan pakaian ke anak yang menutupi seluruh tubuhnya. Cara menurunkan panas pada anak tidak harus memakai pakaian tebal, cukup dengan pakaian yang agak tipis namun tertutup, dan selimuti anak.

Selain pakaian, orangtua bisa bantu mengeluarkan panas tubuh anak dengan membuat suhu kamar senyaman mungkin. Hal ini berguna agar anak tidak kedinginan atau kepanasan.

Mengonsumsi Banyak Air

Mengonsumsi Banyak Air
Ilustrasi Anak Demam Credit: pexels.com/Felix

Cara menurunkan panas pada anak dengan cepat yang berikutnya dengan minum banyak cairan. Panas yang diakibatkan oleh virus ini membuat suhu tubuh anak akan jauh lebih hangat dari biasanya. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh berkeringat, sebagai upaya untuk mendinginkan diri.

Akibatnya, tubuh banyak kehilangan cairan sehingga anak rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, berikan asupan cairan dalam jumlah yang cukup kepada anak. Hal ini berguna untuk mengganti cairan yang hilang. Tidak hanya air, beberapa cairan yang dapat orangtua berikan pada anak seperti jus, air kaldu dan sop.

Membiarkan Anak Istirahat dengan Cukup

Istirahat dengan Cukup
Ilustrasi Anak Demam Credit: pexels.com/Felix

Cara menurunkan panas pada anak dengan cepat selanjutnya dengan istirahat yang cukup. Saat anak mengalami panas, tubuh bekerja keras untuk melawan infeksi. Karena itu, anak harus beristirahat sebanyak mungkin.

Meski sulit untuk memintanya agar tetap tidur, setidaknya anak tidak bermain yang terlalu melelahkan. Anak bisa tetap melakukan aktivitas bermain santai seperti membaca buku dan mewarnai.

Mengobati dengan Herbal

Mengobati dengan Herbal
Ilustrasi Anak Demam Credit: pexels.com/Felix

Cara menurunkan panas pada anak dengan cepat yang terakhir dengan menggunakan pengobatan herbal. Salah satu cara yang cukup dikenal dengan menggunakan daun kelor. Menurut seorang dr. Melyarna Putri, daun kelor telah lama digunakan dalam metode pengobatan tradisional.

Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Hal tersebut yang membuat daun kelor merupakan salah satu pengobatan herbal yang ampuh untuk menurunkan panas pada anak.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021