Berapa Usia Ideal untuk Mengenalkan Bahasa Asing Kepada Anak?

Hilda Irach21 Jun 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 09:00 WIB
Berapa Usia Ideal untuk Mengenalkan Bahasa Asing kepada Anak?

Fimela.com, Jakarta Banyak orang tua yang menyadari pentingnya anak-anak menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Namun tak sedikit pula orang tua yang bertanya-tanya, berapa usia ideal untuk mengenalkan bahasa asing pada anak?

Berdasarkan studi terbaru oleh apra peneliti di Boston, Amerika Serikat melaporkan bahwa mengenalkan bahasa asing pada anak paling baik dilakukan sebelum mereka mencapai usia 10 tahun.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2018 yang dipimpin oleh asisten professor psikologi Boston College Joshua Hartshorene., yang melibatkan 670.000 anak-anak. Menurut penelitian tersebut, otak manusia mampu memahami bahasa asing pada kapasitas maksimum ketika masih sangat muda.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa orang dewasa memiliki proses belajar bahasa yang jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan anak-anak.

Lingkungan dan dukungan orang tua turut berpengaruh

Berapa Usia Ideal untuk Mengenalkan Bahasa Asing kepada Anak?
Simak usia ideal untuk mengenalkan Bahasa asing kepada anak menurut para ahli. (Foto: Unsplash.com/Ben White).

Elizabeth Allen, selaku pendidik Bahasa Inggris dan Prancis dari Inggris mengatakan usia ideal bagi anak-anak belajar bahasa asing adalah 3 tahun. Namun dengan catatan, lingkungan belajar si kecil menyenangkan di tambah dengan dukungan dari orang tua yang mendampingi berpengaruh terhadap kecepatan belajar anak.

“Proses pembelajaran yang efektif adalah melalui lagu, permainan, atau menonton acara TV dalam bahasa asing. Yang terpenting, orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk belajar asing sebelum mereka mencapai usia 11 tahun.”  ujar Allen, dikutip dari The Jakarta Post.

Tips mengenalkan anak bahasa asing

Berapa Usia Ideal untuk Mengenalkan Bahasa Asing kepada Anak?
Simak usia ideal untuk mengenalkan Bahasa asing kepada anak menurut para ahli. (Foto: Unsplash.com/Ben White).

Menurut studi yang diterbitkan oleh Cornell Language Acquisition Lab, cara paling efektif bagi anak untuk menguasai bahasa asing adalah melalui aktivitas sehari-hari. Baik itu melalui percakapan keseharian, musik, film, atau bercerita dalam berbagai bahasa.

Sependapat dengan studi tersebut, peneliti dari University of Washington juga melaporkan cara efektif mengenalkan bahasa asing pada anak adalah melalui permainan atau interaksi sosial.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓