Kenapa Ibu Hamil Rentan Mengalami Wasir?

Endah Wijayanti25 Jun 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 25 Jun 2021, 13:15 WIB
sakit pinggang saat hamil

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, seorang perempuan akan mengalami sejumlah perubahan. Perubahan kondisi tubuh pun disertai dengan sejumlah keluhan. Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah wasir atau ambien.

Wasir atau ambien ini biasanya muncul di akhir kehamilan. Kondisi ini ditandai dengan timbul benjolan kecil di dubur. Terkadang saat buang air besar akan disertai darah. Apa penyebab ibu hamil rentan mengalami wasir?

Dampak Kondisi Bayi yang Tumbuh Semakin Besar

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Melanie

Ada penjelasan kenapa ibu hamil rentan mengalami wasir. Mengutip buku 9 Bulan: Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat, pertumbuhan bayi yang semakin besar menjadi penyebabnya. Bayi yang tumbuh semakin besar akan menekan ke bawah daerah rectum (anus). 

Karena pertumbuhan bayi yang semakin besar, terjadi gangguan aliran balik darah ke jantung. Sehingga pembuluh darah area anus akan membesar dan menimbulkan benjolan di dubur. Hal inilah yang kemudian menyebabkan wasir atau ambein pada ibu hamil, khususnya di akhir kehamilan.

Tak perlu panik berlebihan saat menghadapi situasi ini. Sebab wasir pada ibu hamil tidak memberikan risiko berbahaya pada bayi dalam kandungan.

Perbanyak makanan yang mengandung serat. Serta minum cukup air putih. Hindari jenis makanan yang hanya akan menyebabkan kesulitan buang air besar. Biasanya keluhan wasir atau ambein ini akan hilang setelah beberapa minggu pasca kelahiran.

Apabila kondisi ini sangat mengganggu, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Semoga info ini bermanfaat dan bisa membantu Sahabat Fimela sekalian menjalani kehamilan dengan lebih tenang.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021