3 Bahan Alami Memperlancar ASI hingga Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan

Anisha Saktian Putri20 Jul 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 09:00 WIB
Bahan alami memperlancar ASI /dok. Shutterstock

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika Air Susu Bayi (ASI) merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi sejak ia lahir hingga usia minimal enam bulan. Manfaat ASI juga bisa membentengi si kecil dari alergi, infeksi, hingga berbagai penyakit.

Namun, tidak semua ibu lancar ketika memberikan ASI. Beberapa ibu harus melewati berbagai tantangan dan perjuangan untuk mensuplai ASI kepada anaknya.

Masalah yang paling umum terjadi ialah suplai ASI tidak mencukupi bahkan tidak keluar sama sekali. Namun, ibu tidak boleh menyerah untuk memberikan nutrisi terbaik untuk anak, sebab ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar ASI salah satunya dengan ASI booster.

Ada tiga herbal ASI booster yang bisa dikonsumsi ibu menyusui, seperti di bawah ini.

1. Daun katuk

Aturan Memanfaatkan Daun Katuk
Ilustrasi Konsumsi Daun Katuk Credit: pexels.com/Massimo

Alasan daun katuk baik dijadikan ASI booster adalah karena mengandung laktagogum dan prolaktin yang tinggi. Kedua senyawa tersebut dapat memicu produksi ASI lebih banyak dan memperlancar keluarnya ASI. Sebaiknya, ibu menyusui mengonsumsi daun katuk rutin setiap hari demi mendapatkan ASI yang melimpah untuk anak.

2. Daun torbangun

Ibu menyusui
ASI merupakan asupan gizi terbaik bagi si Keci/shutterstock.

Tumbuhan dengan nama ilmiah coleus amboinicus dipercaya mampu membersihkan rahim pasca melahirkan. Daun torbangun mengandung laktagogum yang berfungsi untuk menstimulir produksi kelenjar ibu menyusui.

Serta memiliki zat gizi sebagai sumber utama energi dan kalori yang dibutuhkan untuk tubuh. Pasalnya, ibu menyusui, biasanya mudah kelelahan pasca memberikan ASI, sehingga daun torbangun ini mampu membuat tubuh kembali bugar.

Serta daun hijau ini mengandung fenol, karvakrol, flavonoid dan glikosida. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi nyeri, membersihkan saluran reproduksi pasca melahirkan, mencegah anemia hingga menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Dan terpenting mampu membuat produksi ASI melimpah.

3. Ikan gabus

Menyusui
Ilustrasi Menyusui (FOTO: Unsplash.com/Kevin Liang).

Ikan gabus atau yang nama ilmiahnya Chana striata ini memiliki zat Striatin. Zat ini sendiri dapat mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar, mempercepat pemulihan dan kekuatan perempuan pasca melahirkan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ikan gabus mengandung bahan yang bisa meningkatkan prolaktin dan oksitosin yang bagus untuk ibu menyusui. Kedua hormon tersebut memang berperan penting dalam proses menyusui sehingga dapat meningkatkan ASI.

Tertarik untuk mengulas topik ASI lebih lanjut? Yuk, jangan lewatkan acara bertajuk “ Atur Finansial Demi Masa Depan Buah Hati” bersama Herba Asimor, Pritha Ghozie (CEO Zap Finance), dan Suci Asmarani yang akan diselenggarakan pada 21 Juli 2021.

Segera daftarkan dirimu di sini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 2 AGUSTUS 2021