7 Rekomendasi Makanan untuk Bayi 6 bulan agar Cepat Gemuk

Baiq Nurul Nahdiat22 Jul 2021, 12:25 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 12:30 WIB
Makanan untuk Bayi 6 bulan agar Cepat Gemuk

Fimela.com, Jakarta Ukuran perut dan sistem pencernaan bayi 6 bulan masih terbilang kecil, jadi makanan yang dikonsumsi akan lebih sedikit daripada orang dewasa. Sehingga penting untuk memastikan nutrisi yang terkandung dalam makanannya, khususnya pada bayi 6 bulan yang baru belajar makan. Agar bayi tetap sehat, pertumbuhannya bagus dan lebih cepat gemuk, seperti yang dilansir dari laman Parents.com berikut beberapa rekomendasi makanan untuk bayi 6 bulan agar cepat gemuk.

1. Selai kacang

Kacang tidak hanya bergizi padat dan penuh dengan lemak sehat, American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology sekarang merekomendasikan agar kacang diperkenalkan kepada bayi berusia 6 bulan untuk membantu mencegah alergi makanan di kemudian hari. Lemak sehat pada selai kacang juga akan membantu bayi lebih cepat gemuk.

2. Susu

Karena bayi harus minum ASI atau susu formula untuk tahun pertama kehidupan mereka, ini adalah langkah selanjutnya yang tidak perlu dipikirkan lagi. Antara usia 1 dan 2, tawarkan susu murni untuk mendorong penambahan berat badan bayi.

3. Alpukat

Makanan untuk Bayi 6 bulan agar Cepat Gemuk
ilustrasi alpukat/pixabay

Konsistensinya yang lembut dan rasa yang ringan membuat alpukat menjadi tambahan yang mudah untuk bayi pada tahap awal makan makanan padat. Beberapa makanan bayi yang dibeli di toko bahkan menampilkan alpukat yang dicampur dengan buah-buahan lain.

4. Pisang

Tidak semua buah diciptakan sama dalam hal kandungan kalorinya. Pisang memiliki jauh lebih banyak daripada, semangka, apel, atau stroberi. Pisang juga kaya akan dengan potasium dan serat.

5. Keju

Mulailah dengan menambahkan keju parut ke dalam makanan bayi atau menawarkan keju cottage penuh lemak yang dihaluskan.

6. Oatmeal

Makanan untuk Bayi 6 bulan agar Cepat Gemuk
Ilustrasi Smoothies Pisang Credit: pexels.com/Lara

Taburan sereal oatmeal membuat bubur makanan bayi lebih enak, dan juga menyediakan nutrisi yang diperlukan, seperti zat besi dan seng.

7. Buah Pir

Seperti pisang, pir memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada buah lainnya. Kukus buah pir yang sudah matang agar mudah dihaluskan dengan garpu kemudian dan bisa dijadikan snack bagi bayi.

Selain makanan di atas, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, yogurt, sayur dan buah lainnya seperti brokoli, wortel dan jeruk juga sangat bagus untuk sebagai makanan untuk bayi 6 bulan agar cepat gemuk. Namun jangan sembarangan memberi bayi semua makanan tersebut, pilihlah sesuai kebutuhan per harinya dan periksa apakah bayi memiliki alergi pada makanan tertentu. ­

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021