5 Hal Penting yang Perlu Dihindari saat Hamil

Gayuh Tri Pinjungwati07 Sep 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 07 Sep 2021, 08:15 WIB
Ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Hanya setelah satu bulan kehamilan, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan perempuan di awal kehamilannya. Dari makanan yang harus dimakan hingga jumlah istirahat yang harus dipenuhi. Bagi perempuan di kehamilan pertamanya, mungkin aka nada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan janin. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengandung buah hati untuk menjaga kesehatannya.

Hindari Alkohol

Tidak peduli berapa banyak orang yang memberi tahumu bahwa alkohol, dalam jumlah sedang, aman untuk dikonsumsi, dokter menyarankan sebaliknya. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mungkin mengandung alkohol, misalnya saja tape singkong, brem, dan juga durian. Beberapa jenis makanan tersebut sebaiknya untuk dihindari, jika ingin mengonsumsinya pun pastikan dalam jumlah sedikit saja.

Hindari Debu

Membersihkan rumah, menjadi aktivitas sehari-hari, namun perhatikan kesehatanmu Mom juga. Ketika membersihkan sudut rumah yang berdebu sebaiknya gunakan masker. Ini akan menghindari Mom dari alergi debu di fase mengandung yang mungkin membuat tidak terasa nyaman.

Olahraga

Gaya hidup sehat dan aktif telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita selama pandemi. Yoga, olahraga, meditasi, dan lainnya. Tapi, jika Sahabat Fimela seorang ibu hamil, disarankan agar tidak berolahraga berat. Sebagai gantinya, Mom bisa melakukan yoga prenatal.

Menghindari Mandi Air Hangat

Kisah Haru Seorang Bidan Bantu Persalinan Ibu Hamil di Tengah Laut
Ilustrasi ibu hamil (pexels.com/freestock.org)

Ketika hamil, ada baiknya untuk menghindari mandi air hangat. Alasannya adalah air panas dapat menaikkan suhu tubuh, yang selanjutnya dapat menyebabkan cacat lahir pada anak. Untuk tetap menjaga kesehatan janin ada baiknya untuk mandi mengunakan air dingin saja ya, Mom.

Konsumsi Makanan Bergizi

Sudah menjadi kewajiban setiap ibu hamil untuk memperhatikan nutrisi. Jangan sembarang mengonsumsi makanan. Ini akan memengaruhi tumbuh embang janin, hindari mengonsumsi makanan mentah seperti daging mentah atau memasaknya setengah matang.

Selain beberapa hal di atas tentu masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan janin ya, Mom. Pastikan untuk konsultasi kepada dokter kandungan secara rutin untuk menjaga kesehatan janin.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela