5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak

Fimela Reporter25 Sep 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 10:00 WIB
5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak

Fimela.com, Jakarta Dulu, satu-satunya hiburan anak yang melalui layar digital adalah tontonan dari layar televisi. Saat ini, anak-anak masih menonton TV, tetapi tidak sesering mereka menghabiskan waktu untuk melihat tayangan video di YouTube lewat tablet atau smartphone kesayangannya. 

Hal ini dikarenakan banyak orangtua yang memperkenalkan dan menggunakan YouTube kepada anaknya sebagai sarana belajar dan hiburan untuk si kecil. Terdapat berbagai channel YouTube yang bisa dipilih untuk tontonan anak yang bersifat menghibur sekaligus mengedukasi. 

Berdasarkan data terbaru dari Pew Research Center, 80 persen dari semua orang tua dengan anak berusia 11 tahun atau lebih muda mengatakan anak mereka menonton di YouTube, dan 53 persen di antaranya mencatat bahwa anak mereka melakukan hal tersebut setiap harinya, dikutip dari Parents.com, pada Senin (6/9). 

Meski begitu, mengingat ada begitu banyak konten yang terdapat di YouTube, terkadang kontennya belum sesuai untuk ditonton oleh si kecil karena belum sesuai umur anak. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk selalu mengawasi dan memilihkan channel YouTube yang tepat agar mengandung nilai-nilai positif dan sesuai dengan usia anak. 

Fimela.com telah merangkum 5 pilihan channel YouTube yang ramah anak dan bisa dijadikan pilihan bagi orangtua untuk memberikan tontonan edukatif bagi anak. Berikut 5 rekomendasi channel YouTube yang menyajikan konten yang menghibur sekaligus edukatif untuk anak, agar bisa ditonton si kecil setiap harinya. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Nussa Official

5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak
Channel Nussa Official merupakan salah satu channel YouTube edukasi anak (Foto: instagram.com/nussaofficial)

Rekomendasi channel YouTube yang pertama ini adalah konten yang berasal dari dalam negeri, sehingga semua kontennya berbahasa indonesia. Meskipun channel ini masih terbilang baru, Nussa Official mampu menarik perhatian banyak orang, terutama anak-anak. 

Konten yang terdapat di channel YouTube Nussa Official ini berisi cerita tentang kakak-beradik yang bernama Nussa dan Rara, dan ceritanya juga disajikan secara lekat dengan kehidupan sehari-hari seorang anak, sehingga dapat memberikan contoh dan kebiasaan baik bagi orang yang menontonnya. 

Cerita dari kakak beradik ini juga penuh dengan nilai-nilai islami, dan juga menyuguhkan lagu-lagu anak islami yang mudah diingat oleh anak, sehingga dapat menjadi sarana yang baik untuk mengenalkan nilai-nilai agama dan sosial.

Pinkfong! Kids’ Songs & Stories

5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak
Pinkfong adalah salah satu YouTube Channel pilihan untuk edukasi anak (Foto: instagram.com/pinkfong.official)

Siapa, sih, yang tidak tahu lagu berjudul Baby Shark yang sempat booming beberapa waktu lalu? Ya, mungkin sebagian besar dari kamu tidak asing lagi dengan lagu tersebut dan juga dengan channel YouTube yang satu ini. 

Channel YouTube ini menyajikan konten-konten yang mengajak anak untuk ikut bergerak melakukan aktivitas seperti bernyanyi dan menari dengan tangan dan badannya sesuai dengan tempo lagu yang disajikan. Maka dari itu, konten-konten dari channel ini sangat cocok bagi anak, terutama dalam mendorong perkembangan motoriknya. 

Amy Poehler's Smart Girls

5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak
Ilustrasi channel youtube tentang kegiatan DIY anak (Foto: unsplash/Dragos Gontariu)

Channel YouTube yang satu ini menampilkan konten-konten tutorial membuat kerajinan tangan seperti DIY yang sangat mudah diikuti oleh anak-anak. Selain itu, sesuai dengan namanya, channel YouTube ini juga menyediakan konten profil wanita yang menginspirasi, termasuk astronot dan ilmuwan. 

Secara keseluruhan, konten-konten di channel ini sangat cocok sebagai tontonan bagi anak perempuan, karena terdapat tutorial tata krama, dan video yang dirancang khusus untuk menginspirasi anak perempuan untuk terlibat dalam kegiatan sosial, seperti isu-isu perubahan iklim, yang dikemas menarik agar bisa dicerna oleh anak-anak berusia balita hingga awal masuk sekolah dasar. 

Khan Academy Kids

5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak
channel YouTube anak, Khan Academy Kids (Foto: instagram.com/khanacademykids)

Channel YouTube yang satu ini merupakan bagian dari platform pembelajaran online Khan Academy Kids yang dibangun untuk menawarkan sumber belajar bagi orangtua dan anak-anak berusia 2-7 tahun. Channel ini menampilkan video mingguan “Circle Time” yang mendorong anak-anak untuk belajar, bermain, dan membaca bersama. 

Selain itu, mereka juga bisa bersenang-senang menggunakan aplikasi pembelajarannya, yakni Khan Academy Kids App, yang bisa diunduh dari Google Play Store atau App Store, yang merupakan aplikasi gratis yang menawarkan pelajaran dengan standar yang mencakup matematika, membaca, menulis, pembelajaran sosial-emosional, proyek kreatif, serta aktivitas fisik.

SciShow Kids

5 Channel YouTube Pilihan yang Cocok Untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak
channel YouTube anak, Khan Academy Kids (Foto: youtube.com/SciShowKids)

SciShow Kids adalah channel YouTube yang berbasis sains, yang menyajikan konten-konten pengetahuan scientific, sehingga menginspirasi anak0anak dari segala usia untuk melakukan eksperimen, meneliti pertanyaan baru, serta menonton penjelasan dari para ahli. 

Walaupun berbau sains, konten-konten di SciShow Kids ini dikemas secara menarik, dan memberikan penjelasan tentang berbagai topik sains seperti “Dari mana datangnya petir?”, “Mengapa kita memiliki musim?” dan lain sebagainya. 

Selain itu terdapat pula konten-konten yang membahas pertanyaan-pertanyaan sederhana dan unik yang anak-anak miliki, dan anak-anak bisa sangat menikmati konten tersebut karena terdapat elemen kartun kecil dan visual yang menarik, sehingga membuat topik kompleks dapat dipahami oleh anak-anak.

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela