Sukses

Parenting

Selalu Terlihat Bahagia, Ini Kunci Sukses Mona Ratuliu Mengelola Stres sebagai Ibu selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Ibu merupakan sosok penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak di dalam masa-masa awal kehidupannya. Ibu merupakan orang yang banyak berperan bagi perkembangan si buah hati, khususnya di masa pandemi. 

Ketika anak tak bisa bersosialisasi dengan orang lain di masa pandemi ini, ibu lah satu-satunya orang yang akan mereka andalkan, karena bisa menjadi teman dalam sepanjang hari mereka. 

Hal ini dirasakan pula oleh Mona Ratuliu, seorang ibu yang merupakan celebrity mom dan saat ini memiliki lima anak. Namun, jika dilihat dari unggahan Instagram-nya, dirinya merupakan ibu yang selalu terlihat bahagia, begitupun keluarganya. 

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Shopee dalam rangka 10.10 Brands Festival, pada Selasa (21/9), Mona Ratuliu menceritakan pengalamannya selama menjadi ibu di masa pandemi ini. Tak lupa, ia juga memberikan kunci suksesnya dalam mengelola stres sehingga tetap bisa menjaga emosinya kepada anak-anak. 

Tantangan Ibu Selama Pandemi

Mona mengatakan bahwa seorang ibu merupakan tonggak penting dalam keluarga. Maka dari itu, penting bagi seorang ibu untuk terus bisa memberikan positive vibes di dalam rumah, terutama ketika semua keluarga berada di rumah setiap saat. 

Namun, tak bisa dipungkiri, seorang ibu juga manusia biasa yang bisa juga merasakan stres dan tidak bisa memaksakan diri untuk selalu terlihat senang ketika di rumah. Dalam hal ini, Ibu juga bisa merasa penat karena rutinitasnya.

“Anakku, kan, lima ya, jadi ya kadang aku lelah karena harus ready untuk selalu bisa diajak main sama mereka. Sedangkan, jadi seorang ibu, kan, juga bisa capek. Jadi, ya, tantangannya lebih ke bagaimana aku mengelola emosi, sih. Itu yang paling berat,” jelas Mona dalam webinar yang mengangkat tema Rahasia Kebahagiaan Ibu dan Anak di Tengah Pandemi, Selasa (21/9). 

Dirinya mengungkapkan bahwa hal yang seringkali menjadi penyebab stres bagi seorang ibu adalah permasalahan di dalam keluarga, khususnya terkait pengelolaan emosi anak. 

Strategi Dalam Membuat Hubungan Lebih Bahagia

Dengan keadaan tersebut, Mona tak bisa hanya berlarut dalam kondisi stresnya. Maka dari itu, ia memiliki strategi tersendiri demi membuat hubungan dalam keluarga lebih harmonis dan bahagia. 

“Kalo ibu udah stres, pasti semua orang juga jadi stres. Maka dari itu, aku selalu berusaha untuk bisa jadi sumber energi keluargaku kalau di rumah. Walaupun memang awalnya jatuh-bangun juga, tapi sekarang mendingan, lah,” ujar Mona.

Dirinya selalu menekankan bahwa komunikasi merupakan hal yang penting dalam keluarga. 

Obrolin dulu semuanya. Mulai dari menyamakan persepsi terkait pandemi, lalu membuat kesepakatan-kesepakatan selama di rumah, itu hal yang sangat penting untuk dipahami sama semua orang rumah,” tambahnya. 

Setelah membuat dan menjalani kesepakatan yang telah dibicarakan, perlu ada peninjauan ulang terkait kesepakatan tersebut, apakah cocok untuk dilanjutkan, atau perlu ada penyempurnaan agar lebih relevan dengan keadaan rumah. 

Sempatkan Waktu Me-Time

Selain itu, ia juga menekankan bahwa menjadi seorang ibu tak hanya selalu tentang keluarga. Ibu juga butuh waktu untuk dirinya sendiri dan melakukan hal-hal yang disenangi. 

Menurutnya, walaupun harus menjadi sosok yang harus siap siaga dalam keluarga, tapi seorang ibu juga perlu mengistirahatkan fisik dan mentalnya demi sistem imun yang lebih kuat.

Me-time bagi ibu di masa pandemi itu harus pinter-pinter, sih. Nggak perlu ke salon atau spa untuk bisa me-time. Kamu bisa cari tahu kegiatan rutinitas harian yang kamu suka, itu juga bisa jadi me-time buatmu. Kalau aku biasanya nonton drama korea atau sekadar mandi aja, itu udah me-time buatku,” ungkap Mona dalam menjelaskan me-time ala dirinya sendiri. 

Dalam hal ini, Mona menekankan bahwa rahasia kebahagiaan itu ada di dalam hal-hal yang sederhana.  

“Cari kegiatan yang bisa dilakukan di sela-sela waktu luang kamu. Sediakan waktu satu jam, itu udah lumayan banget buat nyenengin hati,” tutupnya. 

 

*Penulis: Chrisstella Efivania.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading