Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat Dengan Orangtua

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan keluarga tentunya kamu sebagai anak pernah mengalami perbedaan pendapat dengan orangtua. Hal ini biasanya terjadi ketika sedang membahas masalah pekerjaan atau pendidikan. Setiap anak pasti mempunyai pilihannya masing-masing dan orangtua pun juga pasti sudah mempunyai rencana untuk anaknya ke depan.

Saat anak beranjak dewasa banyak keputusan yang harus diambil. Tak jarang hal itu bertentangan dengan apa yang diharapkan orangtua. Ketika berbeda pendapat kamu hanya bisa mempertahankan pendapatmu atau memilih untuk mengikuti kemauan mereka. Berikut adalah cara yang mungkin bisa mengatasi perbedaan pendapat dengan orang tua.

1. Mengakui dunia antara orangtua dan anak berbeda

Jika kamu mengalami perbedaan pendapat dan orangtua kamu mengaitkannya dengan masalah perbedaan generasimu harus bisa menerimanya. Perbedaan generasi adalah hal yang paling banyak diperdebatkan antara orangtua dan anak. Sebagai anak, kamu harus bisa mengakui dan menerima perbedaan generasi tersebut. Karena kamu tidak pernah mengalami zaman mereka dan mereka juga tidak hidup atau mengalami zaman ini ketika mereka berada di posisi kamu. Biasanya hal tersebut berlaku untuk banyak hal tidak hanya pekerjaan tetapi pendidikan juga.

2. Bicarakan perbedaan pendapatmu

Cara untuk menyelsaikan perbedaan pendapat salah satunya adalah dengan cara membicarakannya. Karena dibicarakan saja masalahnya belum tentu selesai apalagi kalau tidak dibicarakan.  Jika selama ini kamu gagal mengajak diskusi orangtuamu, cobalah untuk merenungkannya. Biasanya masalah yang sering terjadi adalah karena kamu bicara dengan bahasa yang berbeda dengan orangtuamu. Cobalah untuk mencari kata atau penjelasan yang relate dengan orangtuamu agar mereka dapat memahami penjelasan yang kamu sampaikan.

3. Orangtua juga seorang manusia

Seperti dirimu sendiri, orangtua juga adalah seorang manusia. Tidak ada manusia yang bisa mengetahui segalanya. Manusia itu selalu terbatas pada persepsi dan pengetahuannya sendiri-sendiri. Setiap manusia bisa salah bahkan manusia paling cerdas di dunia sekalipun. Dijamin baik itu dirimu sendiri atau orangtuamu tidak ada yang cerdas dan berwawasan di dunia. Orangtuamu bisa saja salah dan kamu juga tentunya bisa juga salah. Jika kamu yang salah cepatlah untuk memperbaikinya.

4. Hidupmu adalah milikmu

Jikalau, disebabkan karena satu dan lain hal orangtuamu tidak bisa diajak diskusi, mungkin karena mereka keras kepala atau tidak mampu untuk diajak diskusi oleh mu. Kembali lagi kamu harus ingat bahwa mereka manusia dan manusia itu juga bisa salah. Kamu harus paham bahwa hidup mu adalah punya mu bukan punya orangtua mu, saudara mu, tetangg mu, dan sebagainya. Makanya itu, pilihlah yang paling terbaik buat dirimu sendiri. Kamu harus bisa memilih mana yang terbaik dan jangan sampai pilihan mu itu dapat merugikan kamu sendiri.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi perbedaan pendapat dengan orangtua. Jadi, mulailah berbicara dengan baik-baik dan selalu diskusikan perbedaan pendapat ini bersama orangtua mu.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading