Cara Tepat Perkuat Ikatan Orangtua dan Anak yang Mendukung Tumbuh Kembang di Masa Pandemi

Vinsensia Dianawanti11 Okt 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 11 Okt 2021, 08:00 WIB
anak dan orangtua

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi, orangtua memang terlihat lebih banyak di rumah. Namun deretan tugas dan pekerjaan selama WFH membuat orangtua bisa tidak memiliki waktu sama sekali untuk anak.

Padahal waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah bisa dimanfaatkan untuk memperkuat ikatan antara orangtua dan anak, Dengan meluangkan sedikit waktu untuk anak, bisa membantunya mendapatkan tumbuh kembang yang maksimal.

"Pandemi membuat orangtua harus beradaptasi dengan rutintias baru. Berkomunikasi dengan anak dalam bonding time bisa dilakukan dengan menanamkan pada anak bagaimana menjaga kesehatan apalagi beberapa sekolah sudah mulai tatap muka," ungkap Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psikolog.

Dengan berbagai penyesuaian ketika banyak berada di rumah, tentunya banyak kebiasaan keluarga yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Saat ini, orangtua bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat berada di rumah untuk perkuat bonding dengan anaknya.

 

Tidak melulu soal pendidikan

anak dan orangtua belajar
Ilustrasi/Shutterstock.com/anek.soowannaphoom

Penting bagi orangtua untuk memahami bahwa pandemi juga menjadi saat yang tepat untuk mengubah target tumbuh kembang anak. Tidak melulu soal pendidikan, melainkan juga basic life skill yang bisa dikembangkan. Seperti mengajak anak untuk berkomunikasi sehingga komunikasi anak dan ornagtua menjadi lebih baik.

Vera menyebut tidak perlu waktu khusus untuk memperkuat ikatan dengan anak. Cukup 10-15 menit dengan menggunakan peralatan yang ada. Bisa ditambah dengan sentuhan fisik atau sambil nyanyi dan liat ekspresi satu sama lain sehingga terjalin rasa hangat.

Pada waktu makan bersama juga bisa dimanfaatkan untuk perkuat ikatan tanpa ada gadget di meja makan. Meski tanpa gadget di tangan, seringkali ikatan antara orangtua dan anak belum terjalin dengan maksimal.

"Ada sebagian orangtua yangg waktunya ada, tapi hatinya ngga di situ. Mungkin kepikiran hal lain jadi kita kurang tune in ke anak. Jangan diartikan bahwa ketika bermain dengan anak, kita harus jadi badut, engga. Yang dibutuhkan anak kebersamaannya aja. Atentif, perhatikan dia sedang apa, menikmati kebersamaan itu," jelas Vera.

 

Ruang gerak anak yang edukatif

Untuk mendukung kebersamaan keluarga, Cussons kembali menghadirkan Cussons Bintang Kecil yang menjadi ajang inspirasi bagi keluarga di Indonesia. Sepuluh tahun sudah Cussons Bintang Kecil menemani dan menginspirasi keluarga di Indonesia denganmendukung tumbuh kembang anak melalui aktivitas-aktivitas yang seru dan kreatif. Dengan diawali kegiatan kick-off, Cussons Bintang Kecil, sekali lagi menandai tonggak sejarah PZ Cussons sebagai perusahaan yang secara konsisten hadir bagi konsumen di Indonesia.

Kali ini, CBK 2021 hadir dengan mengusung tema “Hari Penuh Cinta” yang terkesan simpel namun sangat dalam maknanya. Di masa pandemi di mana orang tua banyak menghabiskan waktu di rumah, sejatinya banyak momen-momen dalam masa tumbuh kembang anak yang dapat secara langsung dilihat dan dialami bersama.

CBK 2021 ini merupakan sebuah sarana yang tepat untuk orang tua dalam memberikan ruang gerak anak yang edukatif sekaligus mengabadikan momen kebersamaan keluarga di masa pandemi sesuai dengan kelompok usianya. Setelah itu peserta yang sudah terdaftar dapat langsung mengunggah berbagai foto atau video unik yang menggambarkan momen di hari penuh cinta bersama si kecil.

 

Mengabadikan momen kebersamaan dengan anak

Dengan mengajak orang tua mengabadikan momen berhargatumbuh kembang anak sesuai dengan usianya, Cussons mempersembahkan total hadiah senilai 1 Miliar Rupiah untuk periode 10 Oktober 2020 hingga 05 Desember 2021.

"Ini adalah tahun kedua di mana rangkaian acara Cussons Bintang Kecil digelar secara virtual, namun tentu saja kami berharap acara ini tetap dapat menginspirasi keluarga di seluruh Indonesia dalam merayakan momen-momen bersama serta turut menyemangati konsistensi dalam mendidik dan hadir bagi anak-anak kita di masa yang tidak menentu ini," ungkap Brand Manager Cussons Kids Indonesia, Seila Pramadania Sativa.

Di ajang CBK 2021 ini, PZ Cussons Indonesia kembali mengajak orang tua untuk berpartisipasi dengan mengangkat kisah-kisah penuh cinta yang mereka alami bersama keluarga. Ingin merayakan momen-momen tersebut dan juga turut menyemangati keluarga Indonesia agar terus konsisten dalam mendidik dan hadir bagi anak-anak kita. Hal ini sangat penting untuk membentuk dan meningkatkan kreativitas mereka guna perkembangan mental, sosial, dan emosi sang anak di masa pandemi dan seterusnya.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela