Sukses

Parenting

6 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Ibu Menyusui Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Ketika menyusui, seorang ibu membutuhkan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per harinya. Nutrisi khusus seperti zat besi, kalsium, potasium, serta vitamin A dan D sangat bermanfaat saat menyusui. 

Nutrisi-nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan melalui berbagai makanan, terutama pada sayur dan buah-buahan. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran, bayi akan lebih mudah menerima makanan sehat ketika sudah bisa menerima makanan padat. 

Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur ketika menyusui akan membuat perkembangan otak bayi juga lebih optimal, dan hal inilah yang membuat bayi menjadi lebih cerdas di kemudian hari.

Dalam hal ini, buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan sumber nutrisi. Buah juga membantu meringankan sembelit yang dialami sebagian besar ibu menyusui setelah melahirkan.

Melansir laman Parenting Firstcry, terdapat 6 buah yang baik dikonsumsi oleh para ibu menyusui untuk mengoptimalkan kesehatan sang ibu setelah melahirkan dan tumbuh kembang otak bayi. Apa saja keenam buah tersebut?

1. Pepaya Hijau

Pepaya hijau dianggap sebagai galactagogue, yang merupakan zat peningkat produksi ASI. sehingga, pepaya hijau akan bermanfaat bagi para ibu menyusui yang ingin meningkatkan suplai ASI-nya. 

Mengonsumsi pepaya hijau dapat membantumu tetap terhidrasi karena biasanya seorang ibu menyusui akan cepat dehidrasi ketika menyusui. Dengan demikian, buah ini juga dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan yang sehat. 

Kamu bisa menambahkan ½ cup pepaya hijau ketika membuat smoothie atau mengonsumsinya sebagai salad setelah dihaluskan. 

2. Pisang

Pisang juga merupakan buah yang dapat membantu pencernaan. Dalam hal ini, pisang merupakan buah yang kaya serat dan dapat membantu mencegah sembelit. Namun, yang membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah kandungan potasium dan kaliumnya. 

Kamu akan membutuhkan lebih banyak ketika menyusui untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolitmu. Maka dari itu, konsumsilah pisang secara rutin untuk menghindari sembelit dan masalah pencernaan lainnya. 

3. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling sehat dan dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Sama halnya seperti pisang, alpukat juga kaya akan kandungan potasium di dalamnya. 

Mengonsumsi alpukat selama menyusui juga dapat membantu mengembangkan penglihatan, kualitas rambut, kesehatan jantung, hingga sistem pencernaan bayimu. 

4. Blewah

Blewah kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niasin, thiamin, dan folat yang penting bagi perkembangan si kecil. 

Dengan mengonsumsi blewah, ibu menyusui akan selalu terhidrasi karena kandungan air dalam buah ini sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui.

5. Sawo

Sawo merupakan buah yang tinggi kalori sehingga baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Dalam hal ini, ibu bisa kehilangan banyak kalori karena kalori yang terbakar selama menyusui. 

Sawo juga kaya akan serat dan banyak mineral serta vitamin. Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang tinggi sehingga buah ini sangat bagus dan merupakan pilihan yang sehat bagi para ibu menyusui. 

6. Buah Ara

Buah yang satu ini memang jarang terdengar atau bahkan jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, buah ini kaya akan mineral seperti mangan, magnesium, kalsium, zat besi, dan kalium.

Buah ini juga sebagai sumber serat, vitamin K, dan vitamin B6 yang penting bagi pertumbuhan otak bayi. Tanpa disadari, banyak makanan-makanan bayi yang menggunakan kandungan buah ara di dalamnya. Hal ini dikarenakan buah ara sangat baik untuk pengoptimalan tumbuh kembang otak bayi dan membuat mereka menjadi cerdas di kemudian hari. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading