4 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun, Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil

Fimela Reporter21 Jan 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 19:50 WIB
Demi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Inilah Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Tumbuh kembang anak pastilah merupakan hal yang sangat penting bagi orang tua mana pun. Sudah sewajarnya bagi para orang tua untuk terus berusaha memberikan yang terbaik agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Hal-hal yang bisa dilakukan para orang tua beragam, tidak terkecuali dalam hal memilih mainan tepat yang mampu membantu proses tumbuh kembang anak khususnya dalam hal mencerdaskan.

Pada usia satu tahun, anak-anak mulai mempelajari sesuatu yang baru melalui apa yang mereka lihat dan sentuh. Itulah mengapa, memilih mainan untuk mereka merupakan hal yang harus diperhatikan.

Dilansir dari laman Kids Health, pada usia satu tahun, anak berada dalam fase yang sangat aktif. Pada saat ini, seluruh indra anak akan sangat peka terhadap sekitarnya.

Usia satu tahun adalah saat ketika anak akan mempelajari banyak hal dari lingkungannya. Itulah mengapa, mainan yang dapat mengedukasi anak menjadi faktor penting dalam upaya melatih sistem motorik dan sensorik.

Berikut ini adalah rekomendasi mainan edukasi untuk anak usia satu tahun.

1. Mainan Mekanik

Demi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Inilah Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun
Usia satu tahun adalah usia ketika semua indra anak menjadi peka, sehingga pemilihan mainan untuknya adalah hal yang penting.(Pexels/Markus Spiske)

Mainan mekanik sangat penting untuk peningkatkan kemampuan motorik anak. Sebab, permainan jenis ini membuat anak melakukan kegiatan menyusun atau menyentuh mainan.

Saat memainkan mainan mekanik, anak harus melakukan gerakan tertentu seperti menarik atau mendorong. Hal ini dapat mengasah gerak tangan dan mata anak.

Selain itu, dengan mengetahui bagaimana cara kerja mainan mekanik, anak akan belajar untuk memahami konsep sebab dan akibat atas suatu hal. Mesin sederhana yang terdapat dalam mainan mekanik pun dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak.

2. Mainan Balok

Demi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Inilah Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun
Usia satu tahun adalah usia ketika semua indra anak menjadi peka, sehingga pemilihan mainan untuknya adalah hal yang penting.(Pexels/Tatiana Syrikova)

Dengan memainkan mainan balok, kreativitas anak akan menjadi hal yang paling terasah. Anak akan memiliki bayangan luar biasa di dalam kepalanya mengenai apa yang kira-kira ingin dibangunnya dengan balok-balok.

Selain untuk kreativitas, anak juga belajar hal baru seperti perencanaan dan logika dasar ketika menyusun balok. Anak pun berkemungkinan dapat belajar dari kesalahannya apabila balok yang disusun runtuh.

3. Buku Kegiatan

Demi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Inilah Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun
Usia satu tahun adalah usia ketika semua indra anak menjadi peka, sehingga pemilihan mainan untuknya adalah hal yang penting.(Pexels/Karolina Grabowska)

Buku kegiatan biasanya berisi banyak aktivitas yang harus dipelajari atau dilakukan anak. Buku ini akan membantu anak mengetahui hal-hal baru dan menarik seperti warna, bentuk, hewan, dan lain sebagainya.

Dengan buku ini, kecerdasan otak dan kreativitas anak akan meningkat. Selain itu, apabila ada suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh anak, hal ini akan dapat meningkatkankan kemampuan gerak anak serta kepercayaan dirinya.

4. Bermain Peran

Demi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Inilah Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun
Usia satu tahun adalah usia ketika semua indra anak menjadi peka, sehingga pemilihan mainan untuknya adalah hal yang penting.(Pexels/cottonbro)

Bermain peran sangat dapat membantu anak dalam mengetahui kosakata baru dan meningkatkan kreativitas. Bermain peran membuat anak membayangkan menjadi sesuatu yang bukan mereka. Hal inilah yang membuat kreativitas anak adalah faktor terpenting dalam permainan ini.

Selain itu, kermain peran penting dalam mengasah kemampuan komunikasi dan sosial anak. Hal ini dikarenakan ketika bermain peran, anak akan tahu apa yang harus mereka lakukan dan katakan. Ini akan membuat komunikasi dan kemampuan untuk bersosialisasi menjadi faktor krusial ketika memainkan permainan ini.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela