Sukses

Parenting

Menu Makanan yang Cocok untuk Anak Usia 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Bayi dan balita harus mendapatkan sekitar setengah dari kalori mereka dari lemak. Lemak sehat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal pada tahap perkembangan ini. Lemak ini sangat penting bayi yang berusia 1 tahun ini. Mereka masih membutuhkan banyak nutrisi baik untuk tumbuh kembangnya.

Dikutip dari healtychildren.org, Semua lemak tidak diciptakan sama. Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam alpukat, minyak zaitun, ikan, selai kacang, dan produk susu baik untuk anak. Lemak tidak sehat seperti yang terdapat pada gorengan, makanan cepat saji, dan banyak makanan kemasan tidak sehat pada usia berapa pun. Jika kamu menjaga asupan kalori harian anak sekitar 1.000 kalori, kamu tidak perlu khawatir tentang makan berlebihan dan risiko kenaikan berat badan yang drastis pada anak. Berikut ada rekomendasi menu makanan untuk sarapan, makan siang dan juga makan malam untuk anak. 

Sarapan

Pada saat sarapan kamu bisa menyiapkan setengah cangkir sereal untuk sarapannya atau bisa menggantinya dengan 1 telur orak arik yang matang. Kamu bisa menyiapkan juga setengah cangkir berisikan susu dengan pisang yang sudah di iris. Pisang dapat diganti menggunakan 2-3 buah stoberi. Menu ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan anak. 

Cemilan

Untuk cemilan kamu bisa menyiapkan menu praktis dengan 1 potong roti panggang atau muffin gandum utuh dengan 1-2 sendok makan keju krim atau selai kacang, atau cangkir yogurt dengan potongan buah. Sediakan juga secangkir air atau susu untuk pendamping dari cemilan anak. Bisa juga memberikan anak snack untuk cemilan berupa biskuit ataupun potonan buah.

Makan Siang

Untuk makan siang kamu bisa menyediakan sandwich dengan irisan ayam , tuna, salad telur, atau selai kacang. Sediakan juga sayuran hijau yang dimasak seperti sayur sop, bayam atau apapun. Berikan juga susu atau air yang bisa menjadi pendamping dari makanan tersebut, air tesebut dapat diganti menggunakan sari dari buah atau jus.

Makan Malam

Untuk makan malam kamu dapat menyiapkan daging ayam yang sudah di marinasi dan di masak atau di giling, setelah matang potong dadu ayam tersebut. Sediakan juga bersamaan dengan pasta, atau nasi atau bisa juga gandum sebagai karbo untuk anak. Sediakan secangkir susu untuk pendamping makan malam anak.

 

Penulis: Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading