Cara Mengatasi Lemas Setelah Anak Sakit

Fimela Reporter17 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 16:00 WIB
anak lemas

Fimela.com, Jakarta Mengetahui apa yang harus dilakukan setelah anak sakit merupakan kewajiban semua orangtua. Sebagai oragntua, penting untuk kita membantu mereka merasa lebih baik lebih cepat dan mengurangi panggilan atau kunjungan yang tidak perlu ke dokter anak. Anak lemas merupakan hal yang wajar terlebih saat mereka baru sembuh dari sakit.

Dikutip dari nhs.uk, Setelah sakit terkadang anak kita menjadi lemas untuk beraktifitas kembali. Anak-anak yang demam biasanya tidak mau makan banyak, sedangkan anak-anak yang sedang pilek sering tidak merasa begitu buruk dan nafsu makannya baik. Sebagai orangtua kita harus membantu mengatasi lemas pada anak setelah anak sakit. Berikut cara untuk membantu anak dalam mengatasi lemas setelah sakit.

Jaga Ruangan Tetap Sejuk

Ilustrasi anak sedang merasa nyaman
ilustrasi anak sedang merasa nyaman. (sumber: Pexels)

Jaga ruangan yang anak sedang tempati. Apabila ruangan tersebut terlalu panas mungkin anak akan merasakan lemas yang lebih buruk. Namun, jika ruangan juga terlalu dingin maka anak akan merasa kedinginan. Jagalah suhu ruangan tetap sejuk tanpa terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang stabil membuat anak merasa nyaman dan perlahan membantunya merasakan perasaan yang lebih baik.

Beri Anak Minum

Ilustrasi Anak Minum Air Putih (iStockphoto)
Ilustrasi Anak Minum Air Putih. (Ilustrasi/iStockphoto)

Bantu anak agar mereka banyak meminum air yang bening. Kemungkinan anak yang mengalami lemas adalah karena mereka merasa dehidrasi kekurangan cairan ataupun oksigen. Berikan anak minum dan tetap jaga kualitas minum mereka, berikan secara rutin sampai anak merasa membaik dari lemas yang dirasakannya.

Ajak Anak untuk Berisitirahat

anak tidur
Ilustrasi/copyrightshutterstock/DONOT6_STUDIO

Setelah sakit mungkin anak akan merasa kelelahan. Sebagai orangtua, yang harus kamu lakukan adalah mengajak anak untuk beristirahat agar tubuh anak kembali sehat seperti semula. Apabila anak menolak untuk berisitirahat, berikan pemahaman bahwa tubuh mereka saat ini masih membutuhkan istirahat untuk proses pemulihan. 

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela