Sukses

Parenting

Cara Mengajarkan Anak Mengelola Angpau Lebaran dengan Lebih Bijak

Fimela.com, Jakarta Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakannya. Idul Fitri merupakan momen yang sangat istimewa dan terdapat banyak hal menarik serta mengesankan di dalamnya. Selain sajian masakan Idul Fitri yang beraneka ragam, kue kering yang bermacam-macam, momen berkumpulnya keluarga dan sanak saudara, Idul Fitri juga menjadi momen di mana anak-anak menerima angpao dari keluarga besarnya. 

Buat Mom yang memiliki buah hati dan menerima angpao dalam jumlah tak sedikit, mari coba untuk mengajarkan buah hati untuk lebih bijak dalam mengelola uang angpaonya. Jangan karena anak memiliki lebih banyak uang lantas ia menjadi pribadi yang boros. 

Ajarkan anak untuk berhemat dan mengelola keuangan dengan baik sejak usianya sedini mungkin. Berikut beberapa cara untuk mengajarkan anak mengelola angpao lebaran dengan baik.

Gunakan Sesuai Kebutuhan dan Bantu Kelola Keuangannya

Agar angpao lebaran tak habis pada hal-hal yang sepele, nasehati anak untuk menggunakan uang tersebut sesuai kebutuhannya. Beri pengawasan ketat bagaimana anak membelanjakan uangnya.

Agar anak tidak menjadi pribadi boros, minta anak untuk menabung uang angpaonya atau minta secara halus dan yakinkan ia bahwa Mom akan menyimpannya untuknya. Bantu anak untuk mengelola keuangannya. Saat Mom lebih bijak membantu anak mengelola keuangannya, ini akan membantunya memiliki tabungan lebih suatu saat nanti.

Dampingi Anak Saat Belanja

Pastikan untuk mendampingi anak saat membelanjakan uangnya. Anak akan lebih bijak dalam menggunakan uangnya ketika Mom mendampingnya. Dengan mendampinginya berbelanja, Mom bisa mengajari anak untuk lebih hemat dan belanja sesuai kebutuhannya. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajari anak lebih bijak dalam mengelola uang angpaonya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat Hari Raya Idul Fitri, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading