Sukses

Parenting

Lapar Hingga Terlalu Lelah, Ini Penyebab Bayi Susah Tidur Siang

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi bayi. Baik tidur malam atau tidur siang, keduanya memiliki peranan yang penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Melansir dari laman parents.com, ketika bayi memiliki waktu tidur malam maupun siang yang cukup, ini bisa membuat bayi lebih sehat, lebih semangat dan memiliki tumbuh kembang yang lebih baik. 

Namun sayangnya, ada beberapa bayi yang sangat susah tidur terutama untuk tidur di siang hari. Ada beberapa faktor penyebab kenapa bayi susah tidur siang. Penyebab tersebut mulai dari bayi yang lapar hingga terlalu lelah karena bayi terlalu aktif. 

Berapa Lama Sebaiknya Bayi Tidur Siang?

Untuk bayi yang masih berusia 1 bulan atau di bawahnya, waktu yang diperlukan bayi untuk tidur siang setidaknya sebanyak 6 - 7 jam bahkan lebih. Bayi yang sudah berusia 3 bulan, ia memerlukan waktu tidur siang sebanyak 4 - 5 jam. Sedangkan untuk bayi yang telah berusia di atas 6 bulan, waktu tidur siang yang normal adalah sebanyak 2,5 - 3 jam. 

Seiring dengan pertumbuhan dan pertambahan usia bayi, waktu tidur siang bayi mungkin akan berbeda-beda. Suasana tempat tidur, posisi tidur, ketenangan dan kesehatan bayi bisa berpengaruh pada pola tidur bayi khususnya pola tidur di siang hari.

Kenapa Bayi Susah Tidur Siang?

Ada beberapa penyebab kenapa bayi susah tidur di siang hari atau bayi hanya tidur siang dalam waktu yang sangat singkat. Penyebab tersebut mulai dari adanya gangguan di sekitar. Suara yang terlalu berisik, televisi dan handphone yang menyala atau lampu yang terlalu terang bisa menjadi gangguan tidur bayi. 

Penyebab lainnya adalah jadwal tidur yang tidak konsisten akan membuat bayi kesulitan tidur siang. Bayi yang sedang lapar, terlalu lelah dan sakit juga menyebabkan bayi susah tidur di siang hari. 

Ketika mendapati bayi susah tidur siang, sebaiknya Mom mengajak bayi untuk tidur lebih konsisten setiap harinya. Pastikan agar tempat tidur bayi bersih dan nyaman, tidak ada gangguan yang menyebabkan bayi susah tidur dan memastikan bahwa ia dalam keadaan kenyang. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading